Prestasi yang dicapai diharapkan dapat memotivasi kami untuk memberikan yang terbaik, dalam memperbaiki potensi pariwisata di Kota Ambon.
Ambon (ANTARA) - Kota Ambon meraih tiga penghargaan pada ajang Anugerah Pariwisata Indonesia (API) Award ke-8 tahun 2023 yang digelar di Kota Ambon, Maluku.

Kota Ambon meraih tiga kategori terbaik, yaitu juara pertama kategori makanan tradisional dengan mengusung Sukun Latuhalat, dan Laha Mic Diving sebagai juara kedua wisata air terbaik.

"Selain itu mendapatkan penghargaan sebagai destinasi digital pertama di Indonesia yang diraih Negeri Rutong," kata Penjabat Wali Kota Ambon,Bodewin Wattimena, di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan API Award menjadi semangat dan motivasi bagi pemerintah maupun pelaku pariwisata, dapat bergandengan tangan membangun pariwisata di Kota Ambon.

"Prestasi yang dicapai diharapkan dapat memotivasi kami untuk memberikan yang terbaik, dalam memperbaiki potensi pariwisata di Kota Ambon. Ini bukan soal menang penghargaan atau tidak tetapi bagaimana membangun ekosistem kreatif," katanya puls.

Pihaknya juga bersyukur karena Kota Ambon telah menunaikan tugas sebagai tuan rumah ajang penghargaan pariwisata tingkat nasional tersebut.

"Kami bersyukur sebagai tuan rumah bisa dibilang berhasil melaksanakan ajang API Award 2023, soal sukses atau tidak, saya yakin dinilai oleh publik dan kementerian tapi yang pasti sebagai tuan rumah, kami sudah berikan yang terbaik dalam ajang ini," katanya lagi.

Sebanyak 18 kategori yang dilombakan, yakni makanan tradisional, minuman tradisional, promosi pariwisata digital, brand pariwisata, destinasi belanja, cendera mata terbaik.

Kemudian olahraga dan petualangan terbaik, wisata air, ekowisata terbaik, dataran tinggi terbaik, kampung adat terbaik, situs sejarah terbaik, atraksi budaya, festival budaya, destinasi unik, destinasi baru, dan surga tersembunyi.

Sebelumnya dalam ajang ini, Kota Ambon berhasil menjuarai beberapa kategori, tahun 2020 juara ll kategori Brand Pariwisata, Ambon City Of Music, 2021 juara ll kategori Atraksi Budaya Sounds Of Green, dan 2022 juara I kategori Kampung Adat Hatu Rutui Negeri Rutong.

Sementara itu Raja Negeri Rutong Reza Valdo Maspaitella menambahkan, Pemerintah Negeri Rutong bersyukur menerima penghargaan sebagai destinasi digital pertama di Indonesia.

Negeri Rutong telah menerapkan digitalisasi melalui platform digital Rutong.id. sebagai bentuk pengembangan desa pintar pertama di Provinsi Maluku.

Pengembangan "smart village" adalah untuk menjawab tantangan dalam tata kelola pemerintahan, pengembangan SDM sebagai titik sentral pembangunan, komunikasi publik yang efektif dan terbuka, pemberdayaan masyarakat, serta pengembangan sektor ekonomi.

Platform digital ini, Negeri Rutong tetap akan mengutamakan adat budaya untuk memajukan perekonomian masyarakat negeri yang berbasis teknologi digital.
Baca juga: Pemkot Ambon mengembangkan pariwisata budaya dan musik
Baca juga: Dua desa di Ambon jadi percontohan Desa Wisata

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023