Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerapkan sistem e-ticketing di Pelabuhan Tanjungkalian, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung mulai Jumat 3 November 2023.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis mengatakan transformasi digitalisasi melalui penerapan sistem e-ticketing itu tidak hanya sebagai bentuk kepatuhan hukum ASDP, tetapi juga bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi daerah melalui layanan logistik dan tujuan wisata pilihan.

Akselerasi inovasi digitalisasi itu didasari regulasi Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 25 Tahun 2016 tentang Daftar Penumpang dan Kendaraan Angkutan Penyeberangan, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Kewajiban Penumpang Angkutan Penyeberangan Memiliki Tiket, dan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 19 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Tiket Angkutan Penyeberangan Secara Elektronik.

Shelvy mengatakan sesuai dengan kesepakatan ASDP bersama dengan seluruh mitra penyeberangan, pembenahan tata kelola angkutan penyeberangan berkaitan dengan dukungan kelancaran arus logistik antarwilayah.

"Tidak hanya itu, peningkatan akurasi data manifest, manajemen operasional dan pelayanan pelabuhan penyeberangan, penertiban praktik liar di sekitar pelabuhan, manajemen keselamatan, optimalisasi fungsi pengawasan penyeberangan, penanganan kendaraan yang membawa barang berbahaya, dan lain sebagainya dapat diterapkan jika digitalisasi ini sudah dijalankan," ujarnya.

ASDP menilai sistem go show atau pembelian tiket di pelabuhan masih memungkinkan terjadinya penumpukan/antrian di pelabuhan bahkan dapat membuat pelanggan yang sudah datang dari jauh perjalanan kehabisan tiket sehingga diperlukan langkah percepatan implementasi lewat aplikasi Ferizy agar pengguna jasa merasa lebih nyaman, aman, dan juga memitigasi potensi penyimpangan yang terjadi di area pelabuhan penyeberangan.

Setelah sebelumnya 17 pelabuhan telah terdigitalisasi, pada November 2023 ini, Pelabuhan Tanjungkalian merupakan pelabuhan selanjutnya yang akan menerapkan sistem pembelian tiket melalui reservasi daring pada trip.ferizy.com.

"Sejak 2020, ASDP secara konsisten menambah jumlah pelabuhan yang menerapkan ferizy. Data tercatat, hingga akhir Oktober 2022, sudah 17 pelabuhan yang menggunakan e-ticketing, dan November ini akan diterapkan di Pelabuhan Tanjungkalian," ungkap Shelvy.

Adapun, reservasi secara daring itu akan diterapkan di lintasan Tanjungkalian-Tanjung Api-api dengan beragam metode pembayaran seperti virtual account Bank BRI, Mandiri, BNI, BCA, Permata Bank, Maybank, BSI, Danamon, CIMB Niaga, BTPN, Bank Maspion, BTN, dan Pospay.

Pembayaran juga dapat dilakukan melalui e-wallet linkAja, Shopee Pay, blu BCA digital, OVO, dan Dana. ASDP mengharapkan dengan beragam pilihan metode pembayaran, pengguna jasa akan lebih leluasa dalam melakukan pembayaran sesuai dengan bank atau pun e-wallet yang dimiliki.

ASDP mencatat data total penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Tanjungkalian pada 2022 sebanyak 82.659 orang dan total kendaraan yang menyeberang sebanyak 99.854 unit kendaraan dengan rincian kendaraan roda dua sebanyak 18.454 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 81.400 unit.

Sedangkan, total penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Tanjungkalian sejak Januari hingga Oktober 2023 sebanyak 140.516 orang dan total kendaraan sebanyak 82.958 unit dengan rincian kendaraan roda dua sebanyak 19.285 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 63.673 unit.

"Menilik penumpang yang menyeberang mencapai lebih dari 50 ribu unit kendaraan hingga Oktober ini, reservasi tiket online dinilai dapat memecah kepadatan di pelabuhan. ASDP juga mengimbau untuk merencanakan perjalanannya sejak jauh hari. Terlebih reservasi tiket ini sudah bisa dilakukan sejak H-60 hari keberangkatan," kata Shelvy.

Baca juga: PT ASDP terapkan reservasi tiket digital di 17 pelabuhan
Baca juga: ASDP pacu digitalisasi penyeberangan dukung 4 tahun transformasi BUMN
Baca juga: Polres Bangka Barat siapkan bus bantu warga di Pelabuhan Tanjungkalian

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023