Alhamdulillah dari 159 perwira siswa yang terdiri dari TNI-Polri dan tujuh dari mancanegara semuanya lulus dengan hasil memuaskan
Kota Bandung (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan sebanyak 159 perwira siswa gabungan TNI dan Polri serta perwakilan negara sahabat yang telah mengikuti pendidikan regular di Sekolah Komando (Sesko) TNI di Kota Bandung, lulus dengan hasil memuaskan.

“Alhamdulillah dari 159 perwira siswa yang terdiri dari TNI-Polri dan tujuh dari mancanegara semuanya lulus dengan hasil memuaskan,” kata Panglima TNI Yudo Margono usai menutup Pendidikan Reguler ke-51 Sesko TNI Tahun 2023 di Bandung Jawa Barat, Kamis.

Panglima Yudo mengatakan setelah lulus mereka akan dikembalikan lagi ke satuan dan diberi tugas serta jabatan oleh Kapolri maupun Kepala Staf Angkatan di TNI.

“Mereka melaksanakan tugas-tugas yang nantinya akan diberikan oleh Kapolri dan Kepala Staf Angkatan,” katanya.

Adapun sebanyak 159 perwira siswa ang terdiri dari jajaran TNI, Polri, dan perwira siswa dari negara sahabat yakni Arab Saudi, Australia, India, Malaysia, Pakistan, dan Singapura, telah selesai mengikuti Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-51 yang diadakan selama delapan bulan.

Ia menjelaskan indikator yang dijadikan penilaian kelulusan meliputi kesehatan jasmani dan kepribadian. Menurut dia, para perwira dituntut untuk tak hanya sehat secara jasmani tapi juga secara akademik.

Baca juga: Panglima TNI: Sesko TNI siapkan calon pemimpin

“Saya yakin ini bisa memberikan mereka lebih fight menjalankan tugas ke depan. Ini kita alami semuanya, pasti mengalami Sesko TNI atau Sespim Polri ini sekolah di matra tingkatnya paling tinggi,” kata Panglima TNI.

Ia berharap kepada sebanyak 159 perwira siswa yang telah dinyatakan lulus bisa menerapkan ilmu serta melaksanakan tugas-tugas TNI ke depan yang memiliki kompleksitas tinggi.

“Sesuai amanat, mereka ini sudah memiliki modal tentang jabatan ke depan, modal yang ada harus diimplementasikan di lapangan sehingga saya yakin kalau ilmu yang diterima selama diklat di Sesko TNI diimplementasikan di lapangan,” katanya.

Selain itu kepada para perwira dari negara lain dengan keikutsertaan mengikuti pendidikan di Sesko TNI ini, kata dia, diharapkan mampu memperkuat hubungan dan kerja sama antara TNI dengan angkatan bersenjata negara sahabat.

"Ini setiap tahun dilaksanakan juga melibatkan siswa mancanegara dengan seperti ini di Sesko mereka dilibatkan, tentunya nanti akan menjadi diplomasi yang bagus atau kerja sama yang baik ketika nantinya mereka menjadi pemimpin di TNI maupun Polri," kata Panglima TNI Yudo Margono.

Baca juga: Panglima ingin Sesko TNI jadi satuan pendidikan setingkat War College
Baca juga: Panglima puji Dansesko TNI karena ubah kurikulum jadi lebih efisien


 

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023