Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis penyakit telinga hidung tenggorokan dan kepala leher dari RS Universitas Indonesia (UI) dr. niken Lestari Poerbonegoro Sp.THT-KL(K) mengatakan anak yang mimisan setiap malam dan berulang kemungkinan bisa dikaitkan dengan alergi,

“Jadi pada anak-anak ini menjelang malam hari reaksi alergi yang ditandai dengan pembuluh darah melebar atau keluhan hidung gatal yang tanpa disadari sambil tidur menggosok hidung itu bisa memicu timbulnya mimisan,” ucap Niken dalam diskusi daring yang diikuti di Jakarta, Kamis.

Niken juga menambahkan mimisan yang terjadi meskipun tidak teratur, saat diperiksakan ke dokter akan menemukan tanda dari sumber perdarahannya. Pada pasien dengan alergi ada tanda seperti rongga hidungnya sempit atau bengkak di dalam hidung, dan bawah mata terlihat celong.

Baca juga: IDAI: Cuaca ekstrem sebabkan anak mudah dehidrasi hingga mimisan

Penanganan anak yang mimisan karena alergi akan diberikan pengobatan yang sesuai dengan indikasi pemicunya. Namun jika tidak menjurus kepada alergi atau tidak ada kelainan di area telinga, hidung dan tenggorokan maka bisa dilakukan pemeriksaan darah untuk melihat apakah ada indikasi kelainan darah atau tidak.

Selain itu, mimisan juga sering dikaitkan dengan kegiatan fisik anak yang berlebihan dan di cuaca panas. Niken menjelaskan, hal itu terjadi karena kondisi perubahan suhu badan yang panas lalu langsung masuk ke dalam rumah yang sejuk atau dingin sehingga anak bisa langsung mimisan.

“Secara normal memang begitu terjadi perbedaan suhu tubuh harus merespon untuk menyamakan perbedaan suhu, tapi pada beberapa anak yang memiliki kecenderungan alergi atau responnya berlebihan jadi pembuluh darahnya akan mengembang berlebihan jadi memicu mimisan,” terang Niken.

Dokter yang terhimpun dalam organisasi Perhimpunan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) ini mengatakan, udara yang panas bisa membuat hidung menjadi berlendir dan lebih mudah mimisan. Salah satu terapi yang bisa dilakukan adalah memberikan semprotan larutan garam ke hidung untuk melembabkan, terlebih untuk anak dengan pilek alergi.

Baca juga: Alasan muncul sakit kepala disertai mimisan saat kepanasan

Penyebab yang juga sering dikaitkan dengan mimisan adalah konsumsi makanan atau minuman dingin setelah beraktivitas. Niken meluruskan bahwa hal tersebut juga bisa berhubungan walaupun tidak secara langsung, karena pada anak usia enam sampai delapan tahun memiliki adenoid di rongga mulut, di belakang hidung dan di bawah lidah.

Adenoid bisa membesar pada saat anak remaja dan yang memiliki riwayat alergi sehingga kondisi tersebut bisa memicu mimisan.

“Kadang pembuluh itu tidak hanya lokal di hidung saja yang memicu, jadi bisa di mata, di saluran nafas jadi tidak selalu harus pemicunya lewat hidung,” jelasnya.

Niken berpesan pada orang tua yang memiliki anak yang sering mimisan berulang agar tidak panik karena perdarahan akan berhenti dalam satu menit dan pangku anak dalam kondisi duduk kemudian tekan lubang hidung yang keluar darah. Jika perlu, tambahkan suplemen vitamin D3 untuk menyeimbangkan sel-sel dalam tubuh dan probiotik seperti yogurt.

Jika kejadian berulang terus maka segera periksakan ke dokter spesialis THT agar diberikan penanganan untuk mencegah mimisan terjadi lagi.

Baca juga: Mengorek hidung itu berbahaya

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023