Boyolali (ANTARA) - Kepolisian Resor Boyolali, Jawa Tengah memberikan bantuan air bersih dan paket sembako kepada warga di sejumlah dukuh di kabupaten itu yang terdampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lereng Gunung Merbabu, Kamis.

Sejumlah perwira Polres Boyolali yang menyerahkan bantuan tersebut, antara lain Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kompol Parwanto, Kabagren Kompol Solikhin, Kabaglog Kompol Subiyati, Kasat Binmasi AKP Maryanto, Kasat Narkoba AKP Sugihantoro, Kasipropam Iptu Agung Muryo Atmojo, Kasi Humas Iptu Arif Mudi Prihanto, dan sejumlah anggota Polsek Gladagsari.

Bantuan itu diberikan kepada warga kawasan Gunung Merbabu di Dukuh Ngaglik, Desa Jlarem dan Dukuh Jatikulon, Desa Ngadirojo di Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali.

Kabag Ops Polres Boyolali Kompol Parwanto mengatakan bantuan air bersih kepada mereka berjumlah 18 tangki. Karhutla di kawasan tersebut, antara lain mengakibatkan jaringan air bersih yang memasok kebutuhan hidup sehari-hari warga setempat rusak.

Baca juga: Kebakaran Gunung Merbabu padam akibat guyuran hujan

Melalui kegiatan itu, Polres Boyolali hendak mewujudkan kepedulian terhadap warga yang sedang terdampak bencana.

Selain itu, katanya, mendukung tetap tercipta situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif di daerah tersebut, termasuk dalam kaitan dengan Pemilu 2024, dan memperkuat kemitraan kepolisian dan warga.

"Semoga inisiatif semacam ini dapat terus menginspirasi tindakan positif di komunitas lainnya," ujar dia.

Kepala Desa Jlarem Teguh Karyanto mengucapkan terima kasih atas bantuan Polres Boyolali kepada warga karena meringankan beban mereka dan mempererat sinergi kepolisian dan masyarakat setempat.

Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Merbabu terjadi mulai Jumat (27/10) hingga Minggu (29/10). Balai Taman Nasional Gunung Merbabu mencatat luas area terbakar mencapai 848,5 hektare, meliputi wilayah Kabupaten Semarang, Boyolali, dan Magelang.

Baca juga: Hingga Minggu, lahan terbakar di Gunung Merbabu capai 489,07 ha
Baca juga: Titik api kebakaran Gunung Merbabu tersebar di lima dusun
Baca juga: BNPB: Warga Dusun Ngaduman dievakuasi imbas kebakaran Gunung Merbabu

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023