Jadi hari ini kita lakukan antisipasi dan mitigasi bersama di sungai-sungai yang berpotensi menjadi penghalang mengalirnya air. Sungai-sungai yang masih penuh sampah dan enceng gondok kita clean up
Sidoarjo (ANTARA) -
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa melibatkan elemen Pentahelix untuk membersihkan sungai guna mengantisipasi banjir menjelang musim hujan di wilayah setempat.
 
"Jadi hari ini kita lakukan antisipasi dan mitigasi bersama di sungai-sungai yang berpotensi menjadi penghalang mengalirnya air. Sungai-sungai yang masih penuh sampah dan enceng gondok kita clean up," kata Gubernur Khofifah saat meninjau bersih-bersih sungai di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis.
 
Ia mengatakan bersih-bersih sungai dilakukan karena sungai-sungai tersebut dipenuhi dengan tumbuhan enceng gondok dengan panjang lebih dari satu kilometer dan juga sampah, tanaman rambatan, serta mengalami sedimentasi.
 
"Dengan mengerahkan empat ekskavator kami juga ingin memastikan bahwa pengerukan sedimentasi bisa dilakukan agar air bisa mengalir dengan baik, sehingga ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi tidak sampai meluber ke rumah warga ataupun terjadi banjir," ujar Khofifah.
 
Khofifah menyampaikan bahwa BMKG telah memprediksi akan terjadinya awal hujan pada Minggu III November dan memperingatkan akan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi mulai Februari 2024.

Baca juga: Gubernur Khofifah mitigasi kesiapsiagaan bencana banjir
 
"Warning dari BMKG kemungkinan Februari itu akan masuk pada intensitas hujan yang tinggi. saya minta semua pihak baik pemerintah kabupaten atau kota, kecamatan, desa dan warga bersama-sama melakukan mitigasi," ujar Khofifah.
 
Ia mengatakan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana itu dilakukan secara kolaboratif sebanyak kurang lebih 200 orang dengan melibatkan berbagai unsur Pentahelix, baik dari lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, pemerintah daerah setempat, juga dari para relawan dan masyarakat sekitar.
 
"Aksi bersih-bersih sungai ini dilakukan bersama tim Pemprov Jatim yang meliputi, tim BPBD Jatim, tim Dinas PU SDA dan tim Dinas PU Bina Marga, serta Dinas Lingkungan Hidup Jatim. Secara kolaboratif bersama BBWS Brantas, BPBD Sidoarjo, Tim Dinas Lingkungan Hidup Sidoarjo, dan Tim Dinas PU Sidoarjo, Kecamatan Gedangan serta warga sekitar," ujar Khofifah.
 
Khofifah berharap pemerintah daerah juga bisa melakukan aksi mitigasi tersebut, sehingga dampak perubahan dari El-Nino ke La Nina bisa diwaspadai dan diantisipasi bersama-sama.
 
"Mungkin kawan-kawan media bisa menyampaikan pesan ini secara lebih luas agar kewaspadaan semua pihak lebih seksama,” ujar Khofifah.

Baca juga: Khofifah minta semua pihak siapkan mitigasi El Nino dan potensi banjir
 

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023