Semoga nanti akan ada tempat KHAS lain di berbagai daerah Riau.
Pekanbaru, (ANTARA) - Gubernur Riau Syamsuar meresmikan Riau Garden di Jalan HR. Soebrantas, Kota Pekanbaru sebagai zona Kuliner Halal, Aman, dan Sehat (KHAS) pertama di Sumatera dan keenam di Indonesia, Kamis.

Syamsuar menyampaikan sudah survei beberapa tempat di Pekanbaru, seperti di Jalan Sumatera dan Arifin Achmad bersama Komite Nasional dan Keuangan Syariah yang langsung mengecek kondisi di lapangan.

Riau Garden terpilih sebagai Zona KHAS.

"Semoga nanti akan ada tempat KHAS lain di berbagai daerah Riau. Kita harapkan ini bisa menjadi lokomotif untuk kemajuan usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai perubahan ekonomi di masa yang akan datang," katanya.

Dalam acara itu dilakukan penyerahan sertifikat Zona KHAS dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) untuk Riau Garden, sekaligus pemotongan pita oleh Syamsuar dan pemilik Riau Garden Tengku Azmun Jafaar.

Acara ditutup dengan peninjauan oleh Gubernur Syamsuar berkeliling di gerai-gerai yang ada.

Zona KHAS di Tanah Air, antara lain berada di Makassar (Sulawesi Selatan), Kediri (Jawa Timur), Jakarta, dan di Bandung (Jawa Barat)

Pemilik Riau Garden Tengku Azmun Jafaar
mengatakan lokasi yang dikelolanya merupakan tempat menciptakan hubungan silahturahmi masyarakat di alam terbuka.

Meski belum sempurna dan optimal, namun pihaknya berusaha untuk terus berkembang.

"Satu prinsip yang saya pakai membangun tempat kuliner ini. Kenapa diberi nama Riau dan Garden, karena saya ingin melingkupi seluruh tokoh dan masyarakat yang ada di Riau dengan bermacam suku, ras agar saling menyatu," katanya pula.

Tengku berharap bimbingan dari pemerintah untuk manajemen ekonomi Islam dan memberi motivasi kepada pedagang untuk menghadapi saingan di era globalisasi.

"Saya meminta bantuan kepada pengamanan karena tempat ini terbuka, sehingga kita perlu yang aman dan mengimbau kepada UMKM untuk ikuti program kawasan kuliner halal," ujarnya.
Baca juga: Festival Rujak Uleg mengembangkan kuliner tradisional Kota Probolinggo
Baca juga: International Food USK Banda Aceh hadirkan beragam kuliner mancanegara

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Indah Permata Sari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023