Proyek ini membuka jalan untuk fasilitas pusat data yang canggih yang akan memenuhi permintaan yang meningkat untuk infrastruktur digital lanjutan di Batam ....
Jakarta (ANTARA) - Dua perusahaan properti asal Indonesia Sinar Primera dan Gaw Capital Partner dari Hong Kong menjalin kemitraan strategis untuk pengembangan pusat data di Batam, Kepulauan Riau.

Head of Sinar Primera Group Hong Kah Jin mengatakan, kemitraan strategis ini menegaskan komitmen kedua belah pihak untuk meraih peluang yang muncul di sektor infrastruktur digital.

Permintaan Indonesia untuk layanan digital dan cloud, lanjutnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, tumbuh secara eksponensial dan hal itu merupakan peluang yang menarik untuk berinvestasi di industri pusat data.

"Proyek ini membuka jalan untuk fasilitas pusat data yang canggih yang akan memenuhi permintaan yang meningkat untuk infrastruktur digital lanjutan di Batam dan kawasan sekitarnya," ujarnya.

Baca juga: Kemnaker buat standar kompetensi pusat data hijau kurangi emisi karbon

Dikatakannya, Sinar Primera akan memegang saham minoritas dalam proyek ini dan akan memainkan peran kunci sebagai manajer pengembangan, sementara Gaw Capital Partners akan menjadi investor utama, memberikan dukungan finansial dan keahlian investasi yang solid.

Direktur Pelaksana dan Kepala Platform IDC, Asia (Ex-Cina) dari Gaw Capital Kok Chye Ong menambahkan dalam beberapa tahun terakhir, kawasan Asia telah menjadi garis depan yang menonjol dalam industri pusat data, menawarkan peluang yang luas untuk pertumbuhan dan pengembangan.

"Platform pusat data Gaw Capital, sejalan dengan tren ini, telah mencakup jaringan pusat data strategis yang terletak di pasar kunci Asia termasuk Cina, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, dan penambahan terbaru Malaysia," katanya"

Baca juga: Kemnaker terpilih jadi "pilot project" Satu Data Indonesia

Sektor pusat data, lanjutnya, memiliki peran penting sebagai pilar utama dari ekonomi digital yang sedang berkembang pesat.
 

Pewarta: Subagyo
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023