Singapura, (ANTARA/PRNewswire)- Satu-satunya pameran di Asia yang menampilkan teknologi pertanian dan pangan, Agri-Food Tech Expo Asia (AFTEA), hadir dengan edisi keduanya pada tahun ini, berlangsung pada 31 Oktober-2 November di Sands Expo & Convention Centre. Diadakan oleh Constellar dan mitra konten internasional DLG (German Agricultural Society), AFTEA merupakan bagian dari ajang Singapore International Agri-Food Week (SIAW) yang digelar oleh Temasek dan Singapore Food Agency (SFA), serta didukung Agency for Science and Technology (A*STAR), Economic Development Board (EDB), Enterprise Singapore (ESG), serta Singapore Tourism Board (STB).



Meningkatkan kapasitas, keamanan, dan daya tahan sistem pertanian-pangan Asia, AFTEA 2023 ingin mendorong efisiensi dalam kegiatan produksi pangan perkotaan dengan menghadirkan solusi dan teknologi agri-tech dari hampir 200 ekshibitor di 25 negara dan wilayah. AFTEA 2023 memiliki luas area pameran yang lebih besar hingga 30%, serta menampilkan 75% ekshibitor baru, termasuk paviliun pameran negara Australia, Bhutan, dan Spanyol, serta perwakilan asal Tiongkok, Finlandia, Hong Kong, Jepang, New Calendonia, Filipina, dan Tahiti. 

Selain pesatnya pertumbuhan penduduk dan kekayaan, Asia kini menguasai lebih dari 60% konsumsi protein dunia. Tingkat konsumsi daging konvensional dan makanan laut di Asia juga diproyeksikan meningkat 33% pada 2030 dan 78% pada 2050. Hal ini menimbulkan tantangan besar bagi pasar protein di Asia untuk memenuhi tingkat kebutuhan secara berkelanjutan dan berskala luas sekaligus mencapai target iklim regional. Maka, tren makanan yang lebih sehat dan berkelanjutan diperkirakan mendorong peningkatan belanja pangan sebesar 55% di Asia pada 2030, setara dengan nilai US$ 2,4 triliun.

"Ketahanan dan keamanan pangan di Asia merupakan tanggung jawab kolektif," ujar Paul Lee, Chief Executive (Markets), Constellar. "Sejalan langkah Asia mencapai ambisi nol karbon yang kian cepat, Constellar ingin mendorong perubahan dalam sistem produksi pangan di Asia melalui platform seperti Agri-Food Tech Expo Asia yang diikuti pelaku industri pertanian di Asia. Pameran ini berperan penting merangsang perkembangan ekosistem agri-tech regional dengan mempertemukan pemain utama dan pengambil kebijakan dari seluruh dunia. Dengan demikian, mereka dapat mengeksplorasi ide, solusi, dan teknologi. Kami berharap, hal ini akan terus mendorong inovasi yang memperkuat kapasitas dan kapabilitas industri demi mewujudkan ketahanan pangan di Asia bagi generasi masa depan." Pengunjung AFTEA 2023 dapat memanfaatkan peluang berjejaring, belajar, dan berbagi wawasan selama tiga hari.

Sekilas AFTEA 2023

•  Paviliun Pameran Agri-Food Tech Change Makers: Didukung Impact Circle dan Innovate 360, bekerja sama dengan Space F, hampir 40 usaha rintisan asal Singapura, Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, dan Thailand akan mempresentasikan solusi dan layanan di hadapan mitra dan investor potensial.

•  Pameran "Lim Chu Kang Agri-Food Hub": Segera menjadi klaster industri pertanian dan pangan yang sangat produktif, berkelanjutan, dan hemat sumber daya, pameran Singapore Food Agency di AFTEA 2023 memaparkan visi Lim Chu Kang (LCK) sebagai sentra produksi pertanian dan pangan unggulan Singapura pada masa depan. Pengunjung dapat mengeksplorasi masa depan LCK, termasuk ide desain LCK Concept Master Plan. Konsep-konsep ini meliputi praktik dan fasilitas pertanian potensial, seperti konsep inovatif stacked farm yang mengoptimalkan penggunaan lahan, fasilitas district cooling yang memenuhi kebutuhan lahan pertanian dan menghemat konsumsi energi, serta fasilitas pengolahan limbah terpusat yang mengolah sampah pertanian sekaligus mengurangi dampak negatif dari lingkungan pertanian.

•  Paviliun Cultivated Meat yang Pertama di Dunia: Digelar oleh APAC Society for Cellular Agriculture (APAC-SCA), sejumlah ekshibitor seperti Avant Proteins Pte Ltd, Umami Bioworks Pte Ltd, Meatable B.V, Gourmey, DPR Construction Asia Pacific Pte Ltd, JS Biosciences Co Ltd, Vital Meat, dan Kosmode Health akan memamerkan teknik produksi dan produk protein alternatif.

•  Pameran Living Lab Tech: Sejumlah perusahaan seperti Arianetech Pte Ltd dan GRAIN International Pte Ltd akan memperlihatkan kemampuan sistem pertanian urban dengan teknologi canggih yang memiliki tingkat panen yang lebih tinggi.

•  Circular Unite Community App: Bersama Alibaba Cloud dan Circular Unite, AFTEA 2023 akan mengajak peserta acara agar mengunduh aplikasi ini, serta meningkatkan kesadaran publik tentang penurunan jejak karbon, mempelajari dampak lingkungan hidup dari pilihan produk sehari-hari, serta berkomitmen mengambil langkah nyata menuju masa depan yang lebih lestari.

•  Founder's Hub : Founder's Hub akan membantu usaha rintisan dengan menyediakan lokasi untuk mempresentasikan solusi di hadapan ekshibitor di Paviliun Cultivated Meat, Kanada, dan Inggris, serta mempelajari tren SDM dari Synovivo Consulting, dan menyajikan kisah inspiratif dari pendiri perusahaan yang sukses, seperti Shiok Meat, Umami Bioworks, dan Blue Aqua. Founder's Hub juga menjadi tuan rumah Day Two yang diikuti tim finalis "Republic Polytechnic -Trendlines Agri-food Incubation Programme". Tim finalis akan mempresentasikan solusi agri-tech untuk memperoleh kontrak inkubasi bisnis selama enam bulan dari Trendlines AFIC.

•  Sandbox : Peserta dapat mengeksplorasi peluang investasi dan kolaborasi di Bhutan, Kanada, Jepang, Belanda, Singapura, dan Spanyol. Peserta juga dapat menjajaki potensi pasar ingredien baru bersama Nutricell Bioscience Molecules Pte. Ltd, cara-cara mencapai produksi pangan berkelanjutan bersama Siemens, serta membahas pendekatan seputar pengembangan karier di sektor pangan pertanian dan teknologi Singapura bersama Workforce Singapore (WSG).

Sejumlah ekshibitor yang memamerkan teknologi dan solusi canggih antara lain Aerospring Hydroponics, Association for Small & Medium Entreprises (ASME), Haskell, GROW, Jah Cultura, Mindsprint, Nanyang Technological University's Singapore Agri-Food Innovation Lab and Food Science & Technology Programme, PRIVA, Republic Polytechnic's Urban Agricultural Centre of Innovation, Singapore Agro-Food Enterprises Federation Limited (SAFEF), Signify Singapore Pte Ltd, serta Temasek Polytechnic.

Anda dapat melakukan registrasi di tautan ini untuk berkunjung ke AFTEA 2023.

Alamat surel tim Komunikasi Constellar: comms@constellar.co

Tentang Constellar

Constellar menghubungkan ekosistem global yang mencakup mitra pameran dan konsumen di industri Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions (MICE) yang didukung hak kekayaan intelektual. Sebagai mitra pilihan di Asia yang mengelola kegiatan inovatif dan lokasi pameran, Constellar menghadirkan jaringan luas yang mempertemukan pasar global, perusahaan, dan konsumen demi mencapai pertumbuhan berkelanjutan. Dengan keahlian dan dedikasinya, Constellar akan membantu Anda menjalin hubungan dengan pemangku kepentingan dalam jangka panjang, serta mewujudkan kolaborasi lintasindustri lewat solusi interaksi audiens yang bertaraf dunia. Informasi lebih lanjut tersedia di constellar.co.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023