Lima individu bunga raflesia itu bakal mekar dalam beberapa hari ke depan secara bersamaan
Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Sebanyak lima individu Bunga Rafflesia Arnoldii bakal mekar sempurna beberapa hari ke depan di Batang Palupuh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.
 
Pegiat Wisata Palupuh, Joni Hartono, di Lubuk Basung, Jumat, menjelaskan tiga individu bunga rafflesia di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh dan luar cagar alam ada dua individu.
 
"Lima individu bunga raflesia itu bakal mekar dalam beberapa hari ke depan secara bersamaan," katanya.
 
Ia mengatakan ke lima bonggol bunga langka dan dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya itu sudah memancarkan warna merah maron, sehingga beberapa hari ke depan sudah mekar sempurna.
 
Di lokasi itu, tambahnya, juga ada dua individu yang sudah melewati fase mekar sempurna dengan warna kecoklatan.

Baca juga: Bunga bangkai setinggi 2,55 meter mekar di Sitingkai Agam Sumbar
 
Sebelumnya sebanyak sembilan individu bunga rafflesia mekar sempurna pada Oktober 2023 dengan rincian tiga berada di Cagar Alam Batang Palupuh dan enam individu di luar cagar alam.
 
"Setidaknya ada sekitar puluhan individu bunga rafflesia yang telah mekar sempurna di dua lokasi tersebut," katanya.
 
Kondisi itu, menurutnya, menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara dan domestik untuk melihat bunga dari dekat.
 
"Wisatawan mancanegara cukup ramai berkunjung, karena keberadaan bunga ini saya informasikan ke pihak hotel dan travel di Sumbar maupun provinsi lainnya," kata Joni.
 
Ia mengatakan bunga rafflesia ditanam di halaman rumah dan di lokasi lain tidak ada yang mekar pada tahun ini, karena akar atau tetrastigmanya kena kayu yang tumbang sehingga bongkol dan akarnya rusak dan mati.
 
"Sekarang saya sudah membuka lokasi konservasi untuk bunga rafflesia dan sudah banyak tetrastigma ditanam. Untuk mendapatkan bunga rafflesia di sana masih lama lagi," katanya. 
Baca juga: Belasan bunga raflesia mekar di Kabupaten Solok
Baca juga: Hamparan bunga Raflesia di Ranah Minang

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023