Semua pekerjaan dari mulai penyusunan DED hingga proses pengerjaan seluruhnya dilakukan oleh Kementerian PUPR.
Sleman (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) memasukkan Stadion Internasional Maguwoharjo di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam daftar 19 stadion di Indonesia yang akan diperbaiki oleh pemerintah pusat pada 2024.

"Pemerintah Kabupaten Sleman diwakili Unit Pelaksana Teknis (UPT) Stadion maguwoharjo beserta TAPD telah melakukan koordinasi serta survei kebutuhan dengan Tim Verifikasi dari Kementerian PUPR pada Agustus, untuk mematangkan rencana revitalisasi tersebut," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo di Sleman, Jumat.

Menurut dia, renovasi Stadion Maguwoharjo saat ini sudah masuk tahap ditenderkan oleh Kementerian PUPR dengan pagu sekitar Rp124 miliar.

"Semua pekerjaan dari mulai penyusunan DED hingga proses pengerjaan seluruhnya dilakukan oleh Kementerian PUPR," katanya.

Baca juga: Menteri PUPR sebut stadion untuk Piala Dunia U-17 sudah selesai

Ia mengatakan, Pemkab Sleman dalam hal ini hanya mengusulkan item-item pekerjaan rehabilitasi dan renovasi.

"Kami usulkan pemasangan 'single seat', lampu penerangan, rumput, perbaikan fasad dan sarana pendukung dan cat tembok keseluruhan. Informasinya renovasi yang akan dilakukan sama dengan yang kami usulkan," katanya.

Kustini mengatakan, tim perencana renovasi langsung dari Kementerian PUPR telah berulang kali melakukan survei dan pertemuan dengan Pemkab Sleman.

"Sebelumnya memang berulang kali sudah survei dan meeting. Dan alhamdulilah Stadion Maguwoharjo akhirnya masuk daftar yang akan mendapat renovasi," katanya.

Ia mengatakan, untuk waktu pasti dimulainya (pengerjaan) kapan, pihaknya belum tahu pasti.

"Kami masih menunggu juga informasi detailnya dari pusat," katanya.

Baca juga: Ketua PSSI: Stadion GBT layak 100 persen untuk Piala Dunia U-17

Pemerintah Kabupaten Sleman, kata dia, sebenarnya juga menjadikan revitalisasi Stadion Maguwoharjo sebagai agenda kerja pada 2023-2024.

"Revitalisasi telah diawali dengan pekerjaan rehabilitasi pada beberapa bagian stadion melalui APBD 2023," katanya.

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023