Kota Gaza, Palestina (ANTARA) - Empat pasien meninggal dunia ketika Rumah Sakit Persahabatan Turki-Palestina yang menjadi satu-satunya rumah sakit khusus kanker di Jalur Gaza, berhenti beroperasi.

"Empat pasien kanker kehilangan nyawanya hari ini akibat Rumah Sakit Turki berhenti dan sama sekali tidak beroperasi akibat krisis kehabisan bahan bakar," kata direktur rumah sakit Subhi Skaik kepada Anadolu pada Kamis waktu setempat.

"Kematian terjadi akibat kurangnya layanan medis yang diperlukan," tambah Skaik.

Dia menegaskan seluruh pasien rumah sakit telah dipindahkan ke RS Dar Al Salam di Khan Younis di Jalur Gaza selatan.

Pada Rabu, RS Persahabatan Turki-Palestina berhenti beroperasi di bawah kondisi serangan Israel dan bahan bakar yang menipis.

Baca juga: Wagner diklaim bakal kirimkan sistem pertahanan udara untuk Hizbullah

"Rumah sakit kanker utama Gaza kehabisan bahan bakar dan terpaksa menghentikan operasi layanannya sehingga mengancam nyawa 70 pasien kanker," sebut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).

Pekan ini, militer Israel memperluas serangan udara dan darat di Jalur Gaza, yang tanpa henti dibom dari udara sejak Hamas meluncurkan serangan lintas batas ke Israel pada 7 Oktober.

Sebanyak 10.600 orang tewas dalam konflik ini yang meliputi 9.061 warga Palestina dan lebih dari 1.538 orang Israel.

Selain merenggut orban jika dan memicu pengungsian,  perang ini juga membuat 2,3 juta penduduk Gazi kekurangan persediaan dasar akibat diblokade oleh Israel.

Baca juga: Ribuan buruh Palestina asal Gaza dipulangkan dari Israel, Tepi Barat

Sumber: Anadolu
 

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023