"Kita menggelar rapat paripurna ini untuk diketahui publik. Selanjutnya tahapan pengusulan nama calon penjabat bupati yang akan mengisi dan memimpin sebagai Kepala Daerah sambil menunggu bupati definitif hasil pilihan rakyat melalui Pemilihan Kepala
Gorontalo (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara Provinsi Gorontalo, resmi mengumumkan berakhirnya masa jabatan bupati melalui rapat paripurna internal yang digelar Jumat sore, di ruang sidang kantor DPRD setempat.

Rapat paripurna yang dihadiri 21 anggota DPRD sesuai daftar hadir tersebut digelar dalam rangka pengumuman akhir masa jabatan Bupati Gorontalo Utara periode 2018 hingga 2023.

"Kita menggelar rapat paripurna ini untuk diketahui publik. Selanjutnya tahapan pengusulan nama calon penjabat bupati yang akan mengisi dan memimpin sebagai Kepala Daerah sambil menunggu bupati definitif hasil pilihan rakyat melalui Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024, segera bergulir," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara Deisy Sandra Maryana Datau.

Jabatan Bupati Gorontalo Utara saat ini, Thariq Modanggu akan berakhir pada 6 Desember 2023. Selanjutnya roda pemerintahan daerah akan dipimpin Penjabat Bupati dari kalangan birokrat.

Pengumuman ini kata Deisy sebagai pemberitahuan kepada publik bahwa Bupati Thariq Modanggu diberhentikan karena berakhir masa jabatannya.

Selanjutnya pula, akan diusulkan nama calon penjabat bupati kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Gorontalo sebagai perwakilan pusat di daerah, sekaligus untuk mendapatkan penetapan pemberhentian.

Pembacaan Keputusan DPRD Gorontalo Utara Nomor 21 Tahun 2023 tentang pemberhentian Bupati Gorontalo Utara pada masa jabatan periode 2018 hingga 2023 karena berakhir masa jabatannya resmi disampaikan melalui Rapat Paripurna internal tersebut.

Keputusan tersebut kata Deisy, mulai berlaku pada tanggal ditetapkan 3 November 2023.

Belum ada bocoran usulan nama calon penjabat bupati untuk daerah itu.

"Tidak ada bocoran nama. Kemungkinan daftar calon yang akan diajukan ada nama-nama lokal, ada juga nama-nama dari pusat. Kita tunggu saja hasilnya," katanya.***

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023