Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi meyakini kemitraan negara anggota Asia Pacific Group (ASPAG) dan Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) mampu mengatasi masalah pekerja di Palestina.

Anwar Sanusi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat mengatakan sebagai anggota ASPAG, ASPAG kembali mendedikasikan untuk bekerja sama dengan ILO dan negara-negara anggota lainnya dalam mengatasi tantangan-tantangan mendesak di Palestina.  

"ASPAG meyakini kemitraan sangat penting dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh para pekerja Palestina," ujarnya.

Menurutnya, dengan bersama-sama dapat memberikan dampak yang berarti terhadap kehidupan para pekerja Palestina dan berkontribusi terhadap perdamaian dan keadilan sosial yang ingin dicapai di wilayah tersebut.  

Anwar Sanusi mengemukakan ASPAG menyerukan kepada negara-negara anggota, mitra pembangunan, dan donor untuk meningkatkan upaya kolaboratif, baik secara finansial maupun teknis, untuk menciptakan solusi jangka panjang.

"Memperkuat kemitraan ini sangat penting untuk memastikan bahwa rakyat Palestina dapat mengakses peluang kerja yang layak dan perlindungan sosial," katanya.

Anwar menambahkan pentingnya strategi ketenagakerjaan nasional Palestina untuk 2021-2025. Strategi ini sejalan dengan tujuan peluang kerja yang layak, pelindungan sosial dan peningkatan tata kelola pasar tenaga kerja.

"Kami menyerukan kepada komunitas internasional untuk mempercepat bantuan keuangan dan teknis guna memastikan penerapannya secara efektif," katanya.

ASPAG mengkhawatirkan dampak meningkatnya serangan Israel tersebut mengakibatkan tingginya tingkat pengangguran dan berkurangnya prospek pekerjaan yang layak, sebagaimana dituangkan dalam dokumen GB.349/POL/4.

"Tingkat pengangguran yang mengkhawatirkan, khususnya di kalangan perempuan dan generasi muda, memerlukan tindakan segera dan terkoordinasi. ASPAG mendukung penuh intervensi transformatif guna membuka jalan bagi solusi ketenagakerjaan jangka panjang di Palestina," katanya.

Anwar menilai tujuan ASPAG mendorong pekerjaan yang layak, keadilan sosial, kebebasan berserikat dan perundingan bersama, akan selalu terhambat oleh ketidakstabilan dan ketidakpastian yang terus-menerus terjadi di Palestina.

"Janji akan lapangan kerja bermartabat, upah yang adil, dan pertumbuhan inklusif sesuai cita-cita pemimpin ILO, bergantung pada landasan perdamaian," tuturnya.

Baca juga: Ribuan buruh Palestina asal Gaza dipulangkan dari Israel, Tepi Barat

Baca juga: Kemlu: Indonesia pastikan bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Gaza

Baca juga: Pemerintah terus berusaha evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza


 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023