Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerja sama Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) dalam bidang ketenagakerjaan.

"Saya yakin di bawah Bapak Peter Van Rooj (Direktur Kemitraan ILO) dukungan dan kemitraan antara Indonesia dan ILO di bidang ketenagakerjaan akan semakin baik dan terus berkembang," ujar Kepala Biro Kerja Sama Kemnaker, Muhammad Arif Hidayat dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dalam pertemuan bilateral dengan Direktur Kemitraan ILO di Jenewa, Swiss, Jumat (3/11) waktu setempat, Arif mengatakan dukungan ILO kepada Kemnaker yaitu terkait pelaksanaan Decent Work Country Programmes atau Program Pekerjaan Layak Nasional Indonesia 2020-2025, Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial  Tenaga Kerja Indonesia, dan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Indonesia.

Selain itu, ia menambahkan dukungan ILO juga berupa perluasan kesempatan kerja Indonesia, pelatihan vokasi Indonesia, program terkait isu just transition menuju Green Economy dan Green Jobs di Indonesia, dan pemberdayaan staf lokal untuk proyek-proyek ILO.  

"Kami berharap kerja sama ini dapat berlanjut dan terus berkembang ke depan," ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi juga menyampaikan kemitraan RI dengan ILO akan membuat bidang ketenagakerjaan semakin baik.

"Saya yakin melalui dukungan dan kemitraan antara Indonesia dan ILO di bidang ketenagakerjaan akan semakin baik dan terus berkembang," ujarnya.

Ia mengharapkan kerja sama ini akan berlanjut dan terus berkembang di bidang ketenagakerjaan.

Baca juga: Kemitraan ASPAG-ILO diyakini mampu atasi masalah pekerja di Palestina

Baca juga: Kemnaker: Kemitraan RI-ILO buat bidang ketenagakerjaan semakin baik

Baca juga: Pemerintah diminta ratifikasi konvensi ILO cegah perbudakan awak kapal
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023