Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Lalu Muhammad Iqbal mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia mengapresiasi dukungan Mesir dan Qatar karena telah membantu proses evakuasi warga negara Indonesia dari Gaza, Palestina.

"Mesir dan Qatar adalah di antara negara yang ikut bantu proses evakuasi WNI dari Gaza. Pemerintah Indonesia sangat menghargai dukungan tersebut," kata Iqbal dalam sebuah pernyataan kepada media yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berkomunikasi langsung secara intensif dengan semua pihak yang memiliki aset di Gaza.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia saat ini masih mengupayakan evakuasi satu keluarga WNI dari Jalur Gaza, yang telah didera serangan udara tanpa henti dari Israel sejak 7 Oktober.

"Saat ini kita masih berusaha untuk evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza di tengah situasi yang sangat kritis," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi empat WNI, yaitu Abdillah Onim dan tiga anaknya serta istrinya yang adalah warga Palestina, dari Jalur Gaza ke Kairo, Mesir.

Alhamdullillah, puji syukur, pada 2 November sekitar pukul 19.00 waktu Mesir atau sekitar pukul 00.00 pada 3 November WIB, empat WNI dan satu istri WNI telah berhasil dievakuasi dari Gaza dan sudah tiba di Rafah,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Pemerintah terus berusaha evakuasi satu keluarga WNI dari Gaza
Baca juga: Empat WNI berhasil dievakuasi dari Gaza
Baca juga: Proses evakuasi WNI dari Gaza masih terkendala keamanan

Pewarta: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023