Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemain belakang Mikael Alfredo Tata dipastikan tidak lagi memperkuat skuad Arema FC, pada putaran kedua kompetisi Liga 1 2023/2024, karena memutuskan untuk mundur dari tim berjuluk Singo Edan itu.

Manajer Tim Arema FC Wiebie Dwi Andriyas di Kota Malang, Jawa Timur, Minggu mengatakan bahwa pihak manajemen klub yang saat ini berada di urutan ke-16 klasemen sementara kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 sudah melakukan pembicaraan dengan Tata.

"Kami sudah berbicara dan berdiskusi dengan Tata dan tim pelatih. Tata memilih untuk tidak melanjutkan di Arema FC," kata Wiebie.

Wiebie menjelaskan, pihak manajemen Arema FC menghormati keputusan yang telah diambil oleh pemain yang menggunakan nomor punggung 58 saat memperkuat tim yang saat ini tengah berusaha keluar dari zona degradasi ini.

Keputusan tersebut, lanjutnya, sudah dipikirkan secara matang karena berkaitan dengan karir dan masa depan pemain asal Jakarta berusia 19 tahun itu. Namun, manajemen Arema FC tidak merinci jelas mengapa Tata memilih untuk mundur dari klub tersebut

"Tentu saja kami menghormati keputusan tersebut. Sebuah keputusan yang sudah dipertimbangkan matang-matang karena berkaitan dengan karir ke depan," tambahnya.

Selain Mikael Tata, pemain lain yang akan meninggalkan Arema FC adalah Asyraq Gufron yang akan dipinjamkan ke klub Liga 2, Persikab Kabupaten Bandung. Pemain bek tengah itu, dipinjam oleh Persikab karena sesuai kebutuhan.

"Di bursa transfer jeda kompetisi ini Asyraq Gufron menjadi pemain kedua yang dipinjamkan ke Persikab. Ini sesuai dengan permintaan mereka, hal ini juga sudah didiskusikan oleh tim pelatih," katanya.

Jelang putaran kedua, ada empat pemain yang meninggalkan Arema FC. Tiga pemain meninggalkan Arema FC dengan status pinjaman yakni Hamdi Sula ke PSMS Medan, serta Gufron dan Samsudin ke Persikab Kabupaten Bandung. Sementara Alfredo Tata memutuskan untuk meninggalkan Arema FC.

Saat ini, Arema FC yang diarsiteki oleh pelatih asal Portugal, Fernando Valente masih berada di zona degradasi kompetisi Liga 1. Arema FC yang diperkuat oleh Gustavo Almeida itu berada di urutan ke-16 dengan mengantongi 17 poin.

Arema FC telah memainkan sebanyak 18 pertandingan, dimana hanya mampu mengantongi empat kali kemenangan, lima kali hasil imbang dan sembilan kali kekalahan. Pada laga terakhir melawan Dewa United, Arema mengantongi kemenangan 2-1.
​​​​​​​
Arema FC yang saat ini berada di zona degradasi, berada di atas Persikabo 1973 dengan koleksi 14 poin dan Bayangkara dengan delapan poin.


Baca juga: Arema kalahkan Dewa United 2-1
Baca juga: Dewa United puji Arema seimbangkan kualitas pemain
Baca juga: Arema FC pinjamkan dua pemain ke klub Liga 2
​​​​​​​


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023