Ya, kami memberikan apresiasi kepada KPU yang telah bekerja optimal di mana seluruh proses sampai penetapan DCT sudah berjalan sesuai dengan waktu yang ditentukan
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) bagi calon legislatif (caleg) mulai DPRD kabupaten/kota, provinsi, hingga DPR RI dan DPD RI.

"Ya, kami memberikan apresiasi kepada KPU yang telah bekerja optimal di mana seluruh proses sampai penetapan DCT sudah berjalan sesuai dengan waktu yang ditentukan," kata Guspardi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Namun, dia berharap penyelenggara pemilu dapat menyusun dan membuat program agar perhatian masyarakat terhadap pileg dan pilpres bisa berimbang.

"Saya mengusulkan agar KPU membuat beberapa program yang dapat menunjukkan dan menarik perhatian masyarakat adanya kontestasi antarpartai, antar-caleg di pileg. Sehingga masyarakat juga tahu bahwa selain pilpres, juga ada pileg yang sedang berjalan secara bersamaan," tuturnya.

Sebab, kata dia, perhatian masyarakat tampaknya lebih tertuju kepada pilpres dibandingkan dengan pileg.

Baca juga: KPU tetapkan 9.917 DCT anggota DPR RI di Pemilu 2024

Baca juga: KPU sebut keterwakilan caleg perempuan capai 30 persen di Pemilu 2024


"Masyarakat memang butuh presiden sebagai pemimpin eksekutif. Namun, itu saja tidak cukup. Agar presiden kuat dan bisa diawasi, butuh parlemen yang juga kuat. Dibutuhkan juga parlemen untuk memberikan pengawasan, budgeting, dan membuat undang-undang," ujarnya.

Untuk itu, dia mengingatkan masyarakat agar tidak terkecoh dan abai lantaran hanya tertuju pada kontestasi pilpres belaka.

"Jangan hanya memperhatikan pilpres, tapi juga memperhatikan siapa wakil rakyat yang akan duduk di parlemen. Jangan sampai memilih yang tidak sesuai dengan aspirasi masyarakat," ucapnya.

Guspardi pun berharap kepada para caleg agar mentaati ketentuan dan peraturan yang berlaku, tidak mengumbar janji yang tak realistis, serta memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

"Bagaimanapun, yang mempunyai kebijakan tentang anggaran ada di ranah eksekutif. Artinya jangan membuat janji yang tidak bisa direalisasikan. Buat janji yang realistis saja," kata dia.

Sebelumnya, Jumat (3/11), KPU RI menetapkan 9.917 daftar calon tetap (DCT) untuk anggota DPR RI dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 yang tersebar di 84 daerah pemilihan (dapil).

Untuk DCT anggota DPD RI, KPU RI menetapkan sebanyak 668 calon untuk 38 dapil, terdiri atas 535 laki-laki dan 133 perempuan.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023