Jakarta (ANTARA) - Saksi dalam sidang lanjutan tiga prajurit TNI terdakwa pembunuhan warga sipil Imam Masykur, Briptu Toni Widya Wibowo menyampaikan bahwa para terdakwa sempat mengancam keluarga korban melalui video.

Menurut Briptu Toni dalam persidangan di Pengadilan Militer II-08 Jakarta, Jakarta, Senin, video tersebut menunjukkan para terdakwa, yakni Praka Riswandi Manik/Praka RM (anggota Paspampres), Praka Heri Sandi (anggota Direktorat Topografi TNI AD), dan Praka Jasmowir (anggota Kodam Iskandar Muda TNI AD) mengancam akan membunuh korban jika keluarga tidak memberikan uang sebesar Rp50 juta.

"Terakhir ibu korban mendapatkan ancaman akan membunuh korban kalau tidak memberikan uang Rp50 juta," kata Toni yang merupakan anggota Banit Opsnal Subdit Jatanras dari kesatuan Ditreskrimum Polda Metro Jaya sekaligus penerima laporan terkait dengan kasus tersebut.

Lebih lanjut Briptu Toni mengungkapkan bahwa pihaknya mengetahui ancaman itu dari pihak keluarga yang diwakili paman korban melalui laporan penculikan yang disampaikan kepada Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada tanggal 14 Agustus 2023.

"Pada tanggal 14 Agustus kebetulan tim kami sedang piket di Polda Metro Jaya, kami mendapatkan laporan sedang ada kasus penculikan, jadi kasus penculikan ini harus menjadi atensi karena harus cepat kami selidiki," ungkapnya.

Laporan tersebut, kata Briptu Toni, ​​​​​​segera ditindaklanjuti oleh pihaknya dengan mencari informasi lebih mendalam salah satunya dengan mencari data terkait dengan kasus serupa, yaitu penculikan pemilik toko kosmetik.

"Jadi, pada saat adanya laporan tersebut, kami cari data semua kasus yang memiliki modus ancaman serupa, yaitu penculikan pemilik toko," imbuhnya.

Sebelumnya, atas perbuatan ketiga terdakwa tersebut mereka dijerat pasal berlapis oleh Oditur Militer Jakarta.

Pasal-pasal itu meliputi pasal pembunuhan berencana (dakwaan primer), pasal pembunuhan bersama-sama (dakwaan subsider), dan pasal penganiayaan hingga menyebabkan kematian (dakwaan lebih subsider).

Baca juga: Praka RM dkk peras pedagang obat ilegal 14 kali dan dapat Rp151 juta
Baca juga: Oknum Paspampres Praka RM dkk dijerat pasal pembunuhan berencana


Tiga oditur itu juga menjerat para terdakwa dengan pasal penculikan yang dilakukan secara bersama-sama.

Ketentuan mengenai pembunuhan berencana yang masuk dalam dakwaan primer itu merujuk pada Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sementara itu, dakwaan subsider mengenai pembunuhan bersama-sama dalam dakwaan subsider merujuk pada Pasal 338 KUHP jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dan dakwaan lebih subsider mengenai penganiayaan hingga menyebabkan kematian merujuk pada Pasal 351 ayat (3) KUHP jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Untuk dakwaan terkait dengan penculikan secara bersama-sama, merujuk pada Pasal 328 KUHP jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Pewarta: Rivan Awal Lingga
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023