Tingginya trafik tersebut didukung dengan tingginya minat masyarakat Provinsi Riau untuk mempersingkat waktu tempuh ke tempat kerja maupun untuk sekedar berlibur saat akhir pekan,
Jakarta (ANTARA) -
PT Hutama Karya (Persero) mencatat lalu lintas harian rata-rata (LHR) Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) hingga 31 Oktober 2023 meningkat sebesar 15 persen dari periode yang sama di 2022, dari  49.000 kendaraan setiap hari menjadi 56.000 kendaraan.
 
Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo dalam keterangannya di Jakarta pada Selasa, menerangkan bahwa trafik tertinggi di JTTS terdapat di Tol Pekanbaru - Dumai dengan total trafik sebesar 16.000 kendaraan.
 
“Tingginya trafik tersebut didukung dengan tingginya minat masyarakat Provinsi Riau untuk mempersingkat waktu tempuh ke tempat kerja maupun untuk sekedar berlibur saat akhir pekan,” kata Tjahjo.
   
Tjahjo menjelaskan trafik di ruas lainnya masih stabil di antaranya yakni Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sebanyak 14.000 ribu kendaraan, Ruas Palembang – Indralaya sebanyak 8.400 kendaraan.
 
Kemudian di Ruas Binjai – Langsa sebanyak 8.200 kendaraan, Ruas Pekanbaru – Bangkinang sebanyak 4.700 kendaraan, Sigli – Banda Aceh sebanyak 3.000 kendaraan, dan Tol Bengkulu – Taba Penanjung sebanyak 1.500 kendaraan.
 
“Dengan terus bertambahnya ruas-ruas baru yang dioperasikan serta didukung dengan infrastruktur yang terpelihara dengan baik dan pelayanan yang optimal, Hutama Karya memastikan bahwa trafik JTTS akan terus meningkat dari tahun ke tahun," ujar Tjahjo.
 
Tjahjo memprediksi hingga akhir tahun ini, trafik JTTS akan meningkat hingga 19 persen (YoY) dan akan dilintasi sebanyak lebih dari 59.000 kendaraan setiap harinya.
 
Pihaknya optimis target tersebut akan tercapai terutama pada saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) dimana pada saat libur akhir tahun, trafik jalan tol diperkirakan akan meningkat signifikan.

Baca juga: Menteri Budi: Jalan Tol Jawa dan Sumatera beri euforia baru saat mudik
 
Hutama Karya tengah mempersiapkan layanan Nataru dengan melakukan pemeliharaan rutin di seluruh ruas tol khususnya di Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung dan Tol Pekanbaru - Dumai, dengan menggunakan metode pemeliharaan Scraping, Filling & Overlay (SFO) dan rekonstruksi beton rigid.
 
"Selain itu, kami juga mempersiapkan personel siaga, fasilitas tambahan lainnya dan strategi anti-macet demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol,” tambah Tjahjo.

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023