Beijing (ANTARA) - Transportasi umum perkotaan di China mencatat pertumbuhan yang kuat dalam tiga kuartal pertama tahun ini, dengan jumlah perjalanan penumpang melonjak 16,7 persen secara tahunan (year on year/yoy), tunjuk data resmi.

Selama periode tersebut, sebanyak 69,95 miliar perjalanan penumpang ditangani oleh sistem transportasi umum perkotaan di negara itu, menurut Kementerian Perhubungan China.

Secara khusus, perjalanan penumpang yang dilakukan melalui jaringan kereta perkotaan di China melonjak 43 persen (yoy) menjadi 21,49 miliar, sementara perjalanan penumpang yang dilakukan melalui layanan kapal feri meroket 86,5 persen ke angka 63,03 juta.

Sedangkan layanan bus dan trem menangani 30,35 miliar perjalanan penumpang dalam tiga kuartal pertama, naik 7,3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Selain itu, data tersebut juga menunjukkan bahwa perjalanan penumpang perkotaan yang menggunakan layanan taksi naik 8,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 18,04 miliar pada periode yang sama. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023