Jakarta (ANTARA) - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mendeklarasikan dukungan mereka kepada bakal calon presiden(bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

Dukungan tersebut disampaikan oleh Ketua Umum DPP IKAPPI Abdullah Mansuri dalam acara rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang digelar di sebuah hotel di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Anies Baswedan.

"Saatnya kita bangkit, saatnya kita berjuang. Siap berjuang? Jika kemarin kita berjuang sendiri, bersusah payah sendiri dan tidak menentukan pilihan di pilpres tahun yang lalu, maka hari ini pedagang akan maju ke depan mewakili Pak Anies Baswedan berjuang bersama pedagang," kata Mansuri.

Dalam sambutannya, Mansuri mengatakan bahwa para pedagang di Indonesia mengalami kesusahan selama bertahun-tahun dan bahkan kerap kali berhadapan dengan pemerintah.

Mansuri mengatakan bahwa dukungan IKAPPI kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Gus Imin) karena pedagang menginginkan adanya perubahan.

"Kami memutuskan Pak Anies Baswedan sebagai calon presiden. Kita mengharapkan perubahan. Apa itu perubahan? Yang tidak bisa makan, jadi bisa makan," ujar Mansuri.

Lebih lanjut, Mansuri menjelaskan IKAPPI pusat akan mengeluarkan surat edaran (SE) untuk menginstruksikan seluruh ketua unit pasar, ketua-ketua pasar, ketua-ketua blok, pedagang hingga pembeli bahwa Anies-Muhaimin mesti didukung di pilpres 2024.

"Kita pilih pemimpin baru yang menawarkan perubahan. Sampaikan dengan cara yang baik-baik, sopan, jangan mencaci maki, jangan menghujat. Itu bukan IKAPPI," kata Mansuri.

Sementara itu, Anies dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari IKAPPI.

"Kami sampaikan terima kasih dukungan ini dan mari kita bekerja bersama-sama untuk melakukan perubahan," ujar Anies.

Anies menyebut bahwa perekonomian harus kembali kepada ideologi dasar dari konstitusi Indonesia.

"Apa garis besar perubahannya, perekonomian kita harus kembali kepada ideologi dasar dari konstitusi kita dari perekonomian kerakyatan yaitu perekonomian yang memberikan ruang setara, perekonomian yang tidak mematikan mereka yg kecil, justru memberikan ruang kepada mereka yang kecil itulah perubahan ideologi yang akan kita dorong bersama-sama, bukan ideologi baru ini justru mengembalikan yg selama ini tidak menjadi fokus karena dari asalnya memberikan dasar untuk perekonomian berbasis kepada rakyat," lanjutnya.

Anies juga mengapresiasi usaha para pedagang yang terus menyediakan kebutuhan bagi rumah tangga di Indonesia, meski mendapat tantangan dalam melakukannya.

"Terima kasih telah menjadi yang terdepan dalam memastikan rumah tangga di Indonesia mendapatkan kebutuhannya," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Adapun acara deklarasi dihadiri sekitar 840 pedagang dari 32 provinsi dan 24 pengurus IKAPPI yang tersebar di kabupaten/kota seluruh Indonesia. Mansuri ingin dukungan IKAPPI terhadap Anies sebagai calon presiden (capres) turut disampaikan ke pihak lain yang ditemui.
Baca juga: Bacapres Anies paparkan gagasan pembangunan di Silatnas ICMI
Baca juga: Anies Baswedan tawarkan program kerja bila terpilih jadi presiden
Baca juga: Sekjen IKAPPI beberkan kriteria capres-cawapres pilihan pedagang

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023