Kami sekarang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Satpol PP, dan warga, bahu-membahu untuk mempercepat pembersihan pohon batang dan ranting pohon tumbang
Lebak (ANTARA) -
Ruas jalan Rangkasbitung- Bogor tertutup akibat pohon beringin tumbang sehingga tidak bisa dilintasi berbagai angkutan dan kendaraan.
 
"Kami sekarang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), TNI, Satpol PP, dan warga, bahu-membahu untuk mempercepat pembersihan pohon batang dan ranting pohon tumbang," kata Hendi, seorang petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLH) Kabupaten Lebak, Rabu.
 
Pohon beringin yang berusia puluhan tahun tumbang pada Rabu pukul 04.00 WIB, sehingga menutupi jalan yang menghubungkan Rangkasbitung di Kabupaten Lebak menuju Bogor, Jawa Barat.
 
Karena itu petugas bekerja keras melakukan pemotongan batang dan ranting pohon tersebut dengan menggunakan mesin gergaji mesin atau senso agar jalan bisa kembali dilintasi kendaraan.
 
Saat ini pihaknya mengerahkan empat truk untuk mengangkut batang dan puing-puing pohon yang roboh untuk dibawa ke lokasi pembuangan sampah.

Baca juga: BPBD Lebak imbau pengemudi waspadai pohon tumbang
 
"Kami menargetkan ruas jalan bisa dioperasikan kembali sekitar pukul 12.00 WIB dan kondisi jalan sudah bersih dari pohon tumbang itu," kata Heri.
 
Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal mengatakan masyarakat agar mewaspadai pohon roboh karena saat ini cuaca buruk terjadi di daerah itu seiring masa pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim hujan.
 
Begitu juga masyarakat yang mengendarai kendaraan, kata dia, sebaiknya beristirahat jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir guna mengurangi risiko kebencanaan.
 
"Kita lihat di tepi jalan raya banyak pohon terdapat pohon yang usianya mencapai puluhan tahun dan rawan roboh," kata Agust.
 
Sementara itu Ali, seorang pengemudi, mengatakan terpaksa istirahat sambil menunggu pohon yang tumbang itu sudah dibersihkan. "Kami hendak menuju Jasinga, Kabupaten Bogor, untuk mengangkut kebutuhan bahan pokok," ucapnya.

Baca juga: Pohon tumbang tutup jalan nasional penghubung Cisolok-Lebak Banten 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023