Gorontalo (ANTARA) - Sekretariat DPRD (Setwan) Provinsi Gorontalo dan Jawa Barat (Jabar) menandatangani kerja sama dengan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI di Jakarta, terkait peningkatan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di parlemen daerah.

Nota kerja sama ditandatangani oleh Sekretaris DPRD Gorontalo Sudarman Samad bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar.

Sekretaris DPRD Gorontalo Sudarman Samad di Gorontalo, Rabu, mengatakan kerja sama tersebut selain menyangkut peningkatan dan pengembangan kompetensi SDM, juga kerja sama pertukaran data dan informasi pejabat fungsional Perisalah Legislatif dan Asisten Perisalah Legislatif.

Setjen DPR RI melalui Biro SDM Aparatur diketahui menjadi pembina jabatan fungsional tersebut. 

Baca juga: Pejabat Setjen MPR tandatangani Perjanjian Kinerja 2023

Sudarman menyampaikan apresiasi kepada Sekjen DPR RI atas terlaksananya penandatanganan kerja sama ini. Menurutnya, pembinaan dari Setjen DPR RI diperlukan untuk peningkatan kapasitas aparaturnya.

"Ibaratnya, kiblat fungsional terkait tugas pokok sekretariat DPRD itu kan di DPR RI. Kami berharap kerja sama ini bisa meningkatkan kapasitas aparatur baik dalam hal pendidikan dan pelatihan, pendampingan, bimbingan, konsultasi, dan fasilitasi pelaksanaan tugas jabatan fungsional," katanya.

Ia mengatakan  hubungan baik antara kedua instansi diharapkan bisa menjadi wadah transfer pengetahuan dan pengalaman di bidang legislasi yang pada gilirannya kemampuan aparatur di daerah semakin baik.

Acara penandatanganan kerja sama dihadiri Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara RI Imas Sukmariah serta Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Setjen PR RI. Hadir juga Sekretariat Provinsi Jawa Barat dan pejabat lain melalui daring. 

Baca juga: Setjen DPR perkuat dukungan teknologi bagi kinerja parlemen

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023