Ambon (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang Tepa Maluku Barat Daya (MBD) Provinsi Maluku pukul 13.52 WIT, Rabu dirasakan hingga Ambon.

Lokasi gempa terletak pada 6.31 Lintang Selatan 129.77 Bujur Timur (154 km Utara Tepa-MBD, 199 km Selatan Banda-MALTENG), Kedalaman 10 km.

Kejadian gempa tersebut tersebut membuat tamu dan pegawai kantor di Kota Ambon berhamburan ke luar gedung kaarena merasakan guncangan gempa.

Guncangan gempa bumi dengan magnitudo (M) 7,2 terjadi di Maluku Barat Daya (MBD) dirasakan IV-V MMI di Saumlaki, di Banda IV MMI, di Ambon II MMI.

BMKG mengimbau masyarakat tetap menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa, kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas 1 Ambon    Djati Cipto Kuncoro.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," kata Djati Cipto Kuncoro.

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Baca juga: BMKG: Gempa M7,2 guncang wilayah Laut Banda, tak berpotensi tsunami

Baca juga: BMKG: Gempa bumi di Kupang akibat patahan sesar lokal

Baca juga: BPBD: Tidak ada lagi pengungsi setelah gempa bumi di KKT dan MBD

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023