Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan dana donasi dari pelaku usaha kosmetik dalam negeri, ESQA Cosmetics, untuk memenuhi kebutuhan kesehatan anak-anak di wilayah yang sedang berkonflik di Gaza, Palestina.

"Total dana donasi untuk Palestina senilai Rp600 juta," kata Direktur Bisnis Utama ESQA Cosmetics Regina Widjaja di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan hal tersebut dalam upacara penyerahan donasi bertajuk "Infak Kemanusiaan Palestina" yang diterima langsung Pimpinan Baznas RI Rizaludin Kurniawan di Aula Achmad Subianto Gedung Baznas RI.

Selain Baznas, sebelumnya perusahaan juga aktif menyalurkan bantuan ke anak-anak Palestina melalui organisasi kemanusiaan Palestine Children's Relief Fund (PCRF).

Menurut dia, setiap donasi yang disalurkan difokuskan untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan kesehatan anak-anak dan kaum perempuan Gaza.

Baca juga: RI tawarkan evakuasi korban di Gaza untuk dirawat di RS TNI

Hal ini karena pihaknya menilai kelompok usia tersebut yang paling rentan terdampak konflik maka keselamatan harus terjamin atas alasan kemanusiaan.

"Sejalan dengan arahan pemerintah Indonesia yang disampaikan Presiden Joko Widodo, kami berharap krisis kemanusiaan di Gaza dapat segera berakhir," ujarnya.

Pimpinan Baznas RI Rizaludin Kurniawan mengatakan bantuan terus berdatangan selama satu pekan terakhir, sejak dibuka pintu donasi untuk Palestina.

Setidaknya saat ini, Baznas RI mencatat dana donasi yang terkumpul mulai dari perorangan, perkumpulan remaja masjid, pelajar, hingga korporasi dalam negeri itu senilai Rp20 miliar.

Para penderma mengaku mempercayakan penyaluran donasi kepada lembaganya mengatasnamakan bangsa Indonesia, yang diharapkan dapat meringankan beban warga Palestina di kawasan berkonflik Jalur Gaza.

Ia menyebutkan lembaganya akan mengumpulkan setiap donasi untuk kemudian disalurkan ke Palestina mengikuti sebagaimana rencana yang dilakukan atau ditentukan oleh pemerintah.

Sebelumnya, pada penyaluran tahap pertama tanggal 4 November 2023 Indonesia sudah mengirimkan bantuan logistik 5,5 ton yang di antaranya berupa peralatan medis, makanan, dan air bersih ke Jalur Gaza.

Baca juga: Menko PMK: Sikap Indonesia dukung Palestina tak akan berubah
Baca juga: Panglima TNI nyatakan siap kirimkan kapal RS ke Gaza
Baca juga: MUI serahkan bantuan masyarakat Indonesia untuk Palestina ke Baznas

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023