kami membidik segmen ini sebagai segmen potensial yang akan terus kami dukung ke depannya
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menyasar kelompok generasi muda di daerah sub-urban untuk pembiayaan perumahan.

SEVP Consumer Product Solution BSI Wawan Setiawan mengatakan sebaran nasabah BSI Griya didominasi oleh kelompok 27 sampai 42 tahun, yang memiliki kemampuan finansial mendukung untuk membeli rumah pada rentang harga Rp500 juta – Rp1 miliar di kawasan-kawasan sub-urban dan penyangga Jakarta, seperti BSD, Tangerang Selatan, Depok, Bekasi dan Bogor.

“Untuk itu kami membidik segmen ini sebagai segmen potensial yang akan terus kami dukung ke depannya,” kata Wawan dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Namun, lanjut Wawan, kenaikan harga rumah menjadi tantangan bagi generasi muda, terutama bagi mereka yang baru memasuki dunia kerja.

Jika mengacu hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI), tren kenaikan harga rumah berlanjut pada triwulan II-2023.

Baca juga: Arief Rosyid sampaikan pengunduran diri dari Komisaris BSI

Baca juga: BSI perkuat ekosistem ekonomi Islam guna pacu inklusi keuangan syariah


Kenaikan harga rumah pada triwulan II paling tinggi terutama terjadi di Kota Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Banten dengan persentase kenaikan 2,24 persen secara tahunan (year-on-year).

Oleh sebab itu, BSI berupaya menyiapkan angsuran yang ringan dan berprinsip syariah untuk membantu mereka memiliki rumah, baik untuk pilihan berinvestasi maupun sebagai tempat hunian.

Di samping menyiapkan skema angsuran, BSI juga bekerja sama dengan lebih dari 3.500 pengembang untuk memudahkan akses masyarakat terhadap pembelian rumah.

“BSI bekerja sama dengan developer nasional untuk berkontribusi dan ambil bagian dalam menyediakan rumah siap huni, khususnya bagi generasi muda Indonesia, melalui akses pembiayaan yang mudah,” ujar Wawan.

BSI membukukan pertumbuhan kinerja penyaluran pembiayaan perumahan melalui produk BSI Griya yang mencapai Rp45,5 triliun pada September 2023, tumbuh 11,2 persen yoy.

BSI juga mendapatkan apresiasi sebagai The Recommended Shariah Bank For Mortgage di ajang Properti Indonesia Award 2023 atas pencapaian dan kontribusi BSI dalam menyalurkan pembiayaan rumah dengan prinsip syariah.

Baca juga: BSI buka layanan di 462 cabang pada akhir pekan sepanjang November

Baca juga: BSI targetkan pertumbuhan pembiayaan capai 17 persen pada akhir tahun


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023