Jakarta (ANTARA) -
Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalin kerja sama dengan PT Schneider Electric terkait pelatihan sumber daya manusia (SDM) industri guna mempercepat transformasi industri 4.0.
 
“Hal ini merupakan bukti nyata dari komitmen perusahaan dalam berkontribusi untuk pengembangan SDM industri melalui implementasi kegiatan pelatihan,” ujar Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Industri yang juga merupakan Direktur PIDI 4.0 Arnes Lukman dalam keterangan di Jakarta, Rabu.
 
Adapun ruang lingkup kerja sama antara PIDI 4.0 Kemenperin dengan PT Schneider Electric, antara lain adalah kegiatan peningkatan kesadaran dan pelatihan transformasi industri 4.0 kepada SDM industri sebagai salah satu bentuk layanan pilar Capability Center di PIDI 4.0.
 
Arnes optimistis, adanya kolaborasi ini akan menumbuhkan semangat para pelaku industri untuk menciptakan visi Indonesia Emas pada tahun 2045.
 
“Dengan kolaborasi dan inovasi yang berkelanjutan, PIDI 4.0 sangat yakin bahwa Indonesia akan mampu bersaing di kancah dunia. Ini adalah sebuah kabar baik bagi seluruh pelaku industri, dengan meningkatkan kolaborasi, networking dan inovasi tentu akan memicu semangat serta upaya kita untuk mewujudkan sustainability melalui transformasi digital, yang berujung dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” katanya.
 
Arnes menekankan pihaknya terus memperkuat kerja sama dengan para pelaku industri untuk dapat menciptakan inovasi yang berkelanjutan, khususnya yang bisa diimplementasikan di sektor industri manufaktur. Contohnya adalah peluncuran Konsultasi Delivery Transformasi Digital PIDI 4.0.
 
“Kami memberikan apresiasi kepada para pihak yang telah terlibat, di antaranya Surveyor Indonesia, PT SKF Industrial Indonesia, PT NEC Indonesia, PT Schneider Electric, dan para mitra PIDI 4.0 lainnya serta para pemangku kepentingan terkait industri 4.0,” papar Arnes.
 
Adapun Kepala Badan Sumber Daya manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Masrokhan mengatakan di era industri 4.0, percepatan transformasi digital akan memberikan dampak positif yang luas, termasuk memacu kinerja perekonomian nasional.
 
BPSDMI Kemenperin menggelar pameran dan seminar yang bertemakan “Achieving Sustainability through Digital Transformation” yang sejalan dengan upaya mempercepat transformasi Indonesia menuju industri 4.0
 
“Konsep sustainability dalam berbagai aspek kehidupan tengah menjadi tren yang mendunia. Praktik keberlanjutan ini mengedepankan pemeliharaan lingkungan untuk masa depan bumi yang lebih baik,” terangnya.
 
Masrokhan menegaskan, terkait penerapan konsep sustainability, Kemenperin memiliki program industri hijau guna mendorong sektor industri manufaktur di tanah air untuk memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien.
 
Upaya tersebut pun perlu didukung dengan penggunaan teknologi industri 4.0 sehingga transformasi digital perlu dipercepat.

 
Baca juga: Kemenperin ungkap enam strategi utama dukung pertumbuhan industri

Baca juga: Kemenperin optimalkan industri pakaian dan alat olahraga lokal

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023