Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Imanuel Cahyadi menyatakan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, telah membuktikan dukungan dan kontribusi nyata untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina.

"Selaku Menhan, Pak Prabowo telah berkontribusi nyata untuk membantu rakyat Palestina, bukan sekadar retorika atau pidato. Salah satu buktinya adalah memberikan beasiswa pada 22 orang mahasiswa Palestina, untuk mengikuti pendidikan S-1 di Universitas Pertahanan Republik Indonesia selama lima tahun," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Prabowo telah memastikan bantuan tahap pertama Indonesia untuk Palestina sudah tiba di Mesir pada Senin (6/11). Lanjut Imanuel, sebagai Menhan, Prabowo juga berencana mengirim kapal rumah sakit ke Palestina. Kapal itu akan digunakan untuk membantu pengobatan korban perang di Gaza.

"Bukti-bukti tersebut menunjukkan, bahwa dukungan Prabowo kepada perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka tak bisa diragukan," katanya menegaskan.

Kata dia, dukungan nyata pak Prabowo pada bangsa Palestina ini selaras dengan amanat Pembukaan UUD 1945, bahwa Indonesia harus ikut melaksanakan ketertiban dunia, yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Imanuel mengapresiasi dukungan Prabowo dalam perjuangan kemerdekaan Palestina, mengingat bahwa Palestina adalah satu-satunya negara Konferensi Asia-Afrika yang hingga kini belum merdeka.

"Dukungan beliau adalah wujud nilai luhur dari Pancasila, UUD 1945 dan komitmen Indonesia dalam menjalankan Dasasila Bandung," ujarnya.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023