Ambon (ANTARA) – Bea Cukai Ambon kembali menjalankan perannya sebagai fasilitator perdagangan bagi para pelaku usaha dalam negeri. Pada Rabu (08/11) Bea Cukai Ambon mengasistensi ekspor perdana yang dilakukan oleh Koperasi Kamboti Rempah Maluku.

Plt. Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, Djaka Kusmartata, mengungkapkan bahwa komoditas yang diekspor berupa biji pala. “Sebanyak 8.9 ton biji pala pada kesempatan ini diekspor ke Rotterdam, Belanda. Nilai ekspornya mencapai 110.349,37 euro.”

Pengangkutan komoditas rempah tersebut menggunakan kapal KM Meratus Palembang dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Di Pelabuhan Tanjung Perak barang akan di-restuffing dan dimuat lagi ke kapal lain menuju pelabuhan tujuan ekspor Rotterdam Belanda. 

Ekspor kali ini menunjukan bahwa Bea Cukai di wilayah Maluku terus memfasilitasi para pelaku usaha di Provinsi Maluku untuk dapat mewujudkan ekspor ke luar negeri. Kegiatan ekspor ini merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak perekonomian Maluku dan juga perekonomian nasional. “Melalui ekspor perdana ini diharapkan produk-produk andalan ekspor dari Maluku dapat terpacu untuk go internasional,” pungkas Djaka.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023