Kita harus memastikan Piala Dunia U-17 berjalan sukses, untuk mendapat kepercayaan menggelar ajang-ajang lebih besar lagi
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengatakan acara seremoni pembukaan Piala Dunia U-17 2023 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11) dipastikan akan spesial dan membanggakan.

Seremoni pembukaan Piala Dunia U-17 yang bakal dihelat sebelum kick-off timnas Indonesia U-17 kontra Ekuador U-17 pada Jumat (10/11) yang dimainkan pukul 19.00 WIB itu, kata Erick akan berjalan spesial karena untuk menjadi pintu kepercayaan dunia agar Indonesia dapat menggelar kejuaraan yang skalanya lebih besar.

"Kita harus memastikan Piala Dunia U-17 berjalan sukses, untuk mendapat kepercayaan menggelar ajang-ajang lebih besar lagi. Semua bertahap. Kita buktikan bisa menjadi tuan rumah yang baik. Tak hanya dari sisi penyelenggaraan, kita berharap Timnas Indonesia U-17 bisa berprestasi di ajang ini,” kata Erick yang juga bertindak sebagai Ketua Local Organizer Committee (LOC) Piala Dunia U-17 edisi tahun ini, melansir dari keterangan resmi, Kamis.

“Pembukaan merupakan sesuatu yang spesial, menjadi gerbang pintu masuk ke turnamen. Kita berharap pelaksanaannya bisa lancar dan sukses," lanjutnya.

Baca juga: Tim Kreatif siapkan atraksi saat pembukaan Piala Dunia U-17 di GBT

Dua artis Wika Salim dan Aurelie Moeremans bakal satu panggung sebagai menghibur utama yang hadir di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Aurelie, artis serba bisa blasteran Indonesia-Belgia bakal mendendangkan lagu medley No Comment-Rungkad yang diiringi 20 dancer.

Sementara Wika, penyanyi 31 tahun itu bakal membakar semangat suporter Merah Putih dengan menyanyikan lagu Bersama Garuda (We Are Together) bersamaan dengan 20 dancer.

Untuk membantu menyukseskan kemeriahan pembukaan kejuaraan dwi tahunan itu, Erick menunjuk Wishnutama Kusubandio.

Wishnutama yang merupakan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu adalah aktor utama di balik kemeriahan upacara pembukaan Asian Summit 2023, G20 Bali, dan juga figur kreatif di balik kemegahan pembukaan Asian Games 2018.

Baca juga: Wishnutama ditunjuk untuk menangani upacara pembukaan Piala Dunia U-17

"Menyiapkan acara pembukaan delapan sampai 10 menit merupakan tantangan. Beda halnya dengan Asian Summit atau G20 waktunya agak longgar. Dengan kapasitas dan pengalaman yang dimiliki, saya percaya Wisnutama dan timnya bisa menyajikan pembukaan yang membanggakan," ucap mantan Presiden Inter Milan itu.

Dari Wishnutama, pria 53 tahun itu mengatakan semua persiapan menjelang pembukaan Piala Dunia U-17 telah tuntas. Ia juga mengaku selama selama pembuatan konsep pembukaan Piala Dunia U-17 banyak mendapat masukan ide kreatif dari Erick dan juga Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Persiapan acara pembukaan Piala Dunia U-17 sudah tuntas. Ide kreatif, disain panggung, performer, artis, dan personel yang terlibat di dalamnya. Saya banyak berdiskusi berkaitan dengan ide kreatif, tidak hanya dengan Pak Erick, tapi juga Presiden Jokowi. Saat berada di IKN bahkan beliau sempat meluangkan waktu untuk menyampaikan pemikiran dan ide kreatif berkaitan dengan pembukaan," kata Wishnutama.

Baca juga: Erick Thohir pastikan pembukaan Piala Dunia U-17 meriah

"Hal ini sangat berarti, menunjukkan betapa pentingnya acara pembukaan Piala Dunia U-17 spesial buat Indonesia. Saya dan tim bakal bekerja keras menyajikan seremononi pembukaan yang akan membuat rakyat Indonesia bangga," timpalnya lagi.

Untuk Wika dan Aurelie, dapat terlibat dalam seremoni spesial pembukaan Piala Dunia U-17 2023 menurut keduanya adalah sebuah kebanggaan tersendiri.

"Dengan segala kerendahan hari, saya mohon diberikan kesempatan dan dukungannya untuk bisa berkontribusi dalam acara pembukaan. Semoga lewat lagu yang saya nyanyikan timnas Indonesia U-17 bisa kian bersemangat saat bertanding di Piala Dunia U-17 2023," kata Wika.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk tampil di Opening Ceremony FIFA World Cup U-17 ini. Untuk Timnas Indonesia U17 yang akan bertanding, saya ingin mengirimkan pesan semangat dan harapan. Bermainlah dengan penuh semangat, percaya pada kemampuan diri, dan pertahankan tekad untuk meraih prestasi. Ini adalah kesempatan besar untuk membuktikan potensi sepak bola Indonesia kepada dunia," tambah Aurelie.

Baca juga: Erick: Tidak ada kendala jelang pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023