Brussels (ANTARA) - Wakil perdana menteri Belgia pada Rabu (8/11) meminta Pemerintah Belgia untuk menerapkan sanksi terhadap Israel dan menyelidiki bombardemen rumah sakit dan kamp pengungsi di Gaza.

"Sudah waktunya untuk memberikan sanksi terhadap Israel. Hujan bom adalah tidak manusiawi,” kata Wakil Perdana Menteri Petra De Sutter kepada surat kabar Nieuwsblad.

Sudah terlihat jelas bahwa Israel tidak peduli dengan tuntutan internasional untuk gencatan senjata, lanjutnya.

Israel menyerang Gaza sebagai tanggapan atas serangan Hamas di Israel selatan pada 7 Oktober yang menewaskan 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera sekitar 240 orang, menurut penghitungan Israel.

Peperangan ini telah menjadi episode paling berdarah dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung selama beberapa generasi.

De Sutter mengatakan Uni Eropa harus segera menangguhkan perjanjian asosiasinya dengan Israel, yang bertujuan untuk kerja sama ekonomi dan politik yang lebih baik.

Dia juga mengatakan larangan impor produk-produk dari wilayah Palestina yang diduduki Israel harus diterapkan. Selain itu, para pemukim yang melakukan kekerasan, politisi, dan tentara yang bertanggung jawab atas kejahatan perang harus dilarang memasuki Uni Eropa.

Pada saat yang sama, katanya, Belgia harus meningkatkan pendanaan bagi Mahkamah Pidana Internasional di Den Haag untuk menyelidiki pemboman tersebut sambil memotong aliran uang ke Hamas.

"Ini adalah organisasi teroris. Teror membutuhkan uang dan harus ada sanksi terhadap perusahaan dan orang-orang yang memberikan uang kepada Hamas," kata De Sutter.

Dengan perang yang kini memasuki bulan kedua, para pejabat PBB dan negara-negara G7 meningkatkan seruan untuk jeda kemanusiaan dalam permusuhan untuk membantu meringankan penderitaan di Gaza, di mana bangunan-bangunan rata dengan tanah dan persediaan kebutuhan pokok hampir habis.

Para pejabat Palestina mengatakan lebih dari 10.000 orang telah terbunuh, 40 persen di antaranya adalah anak-anak.

Sumber: Reuters
Baca juga: Serikat Buruh Belgia desak anggotanya tolak kirimkan senjata ke Israel
Baca juga: Palestina sambut pelabelan Belgia pada produk Israel
Baca juga: Menlu Belgia "dukung" gagasan akui negara Palestina

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023