Kota Solok merupakan satu-satunya pemerintah daerah yang melakukan hal baru dalam pembinaan UMKM.
Solok (ANTARA) - Science Techno Park (STP) Universitas Andalas (Unand) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Solok meluncurkan program Solok Belibis Ekraf dan Industrial Gathering di objek wisata Pulau Belibis, Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala STP Unand Eka Chandra, di Solok, Kamis, mengatakan inkubasi bisnis tiga subsektor ekonomi kreatif, yakni seni pertunjukan, kriya, dan kuliner.

Menurutnya itu merupakan rangkaian acara yang telah dimulai dari implementasi inovasi studi banding ke berbagai tenant serta industrial gathering saat ini.

"Saya salut dengan Kota Solok. Karena merupakan satu-satunya pemerintah daerah yang melakukan hal baru seperti ini dalam melakukan pembinaan UMKM," ujarnya pula.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk menginkubasi bisnis dalam tiga subsektor ekonomi kreatif, yaitu seni pertunjukan, kriya, dan kuliner. Ini merupakan bagian dari upaya akselerasi komersialisasi karya-karya yang dikelola oleh para pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif, katanya lagi.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara industri dan pelaku ekonomi kreatif.

Di samping itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Milda Murniati menjelaskan bahwa program inkubasi ini merupakan tahun kedua dari rencana tiga tahun.

Meskipun rencananya akan berlanjut hingga tahun ketiga, tahun 2024 menghadapi kendala anggaran. Dia berharap kerja sama dengan STP Unand dapat terus berlanjut.

Kota Solok dinilai telah memenuhi kriteria dalam tiga subsektor inkubasi tersebut, dan potensi seni tradisional yang melimpah di kota tersebut.

Program ini diharapkan dapat menghidupkan sektor ekonomi kreatif dan menghasilkan inovasi seperti cendera mata dari Kota Solok serta kuliner khas daerah tersebut.

Staf Ahli Wali Kota Solok Bujang Putra menjelaskan bahwa program inkubasi ini merupakan upaya pembinaan bagi pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan tiga subsektor usaha dan meningkatkan daya saing mereka.

Bujang juga mengapresiasi kerja sama antara STP Unand dan Pemkot Solok yang telah menghasilkan hasil positif sejak tahun 2021.

Ia juga mengatakan program ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Solok dan mendukung promosi produk-produk lokal. Semua kegiatan yang telah disiapkan diharapkan dapat dipasarkan dengan baik.
Baca juga: ASTPI: Pendirian science techno park untuk jamin keberlanjutan riset

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023