Kabupaten Bogor (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri mewacanakan pemasangan camera counting atau kamera penghitung kendaraan di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Rizky Guntama di Cibinong, Bogor, Kamis, mengungkapkan pemasangan kamera penghitung kendaraan tersebut rencananya dipasang oleh Korlantas Polri dalam satu bulan ke depan.

"Saya masih belum tahu konsepnya. Tapi dapat bocoran dalam satu bulan ini (camera counting) akan dipasang," kata AKP Rizky.

Menurut dia, pemasangan kamera ini akan membantu Kepolisian dalam melakukan kontrol terhadap jumlah kendaraan yang keluar-masuk jalur Puncak. Tapi, AKP Rizky mengaku belum mengetahui lokasi pemasangan kamera penghitung kendaraan ini.

"Kita belum tahu apakah itu (dipasang) di tol atau di Pospol Gadog, atau dipasang di mana, saya belum tahu, tapi sudah ada wacana ke sana," ujarnya.

AKP Rizky menyebutkan pemasangan kamera penghitung kendaraan itu akan mempermudah kerja Kepolisian dalam menentukan tindakan berdasarkan data jumlah kendaraan yang keluar-masuk jalur Puncak.

Karena, jalur wisata yang juga penghubung Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Cianjur itu kerap dipadati kendaraan dari luar kota. Terlebih saat akhir pekan dan libur panjang.

Hingga kini Polres Bogor, baru mengandalkan data kendaraan Kawasan Puncak melalui catatan pintu keluar Tol Ciawi. Namun, data tersebut belum dapat dijadikan patokan mengingat pintu keluar Tol Ciawi juga dilintasi kendaraan yang menuju Tol Bocimi.

"Mudah-mudahan kalau misalkan ada camera counting mempermudah kita untuk menghitung bagaimana cara bertindak kalau di Puncak itu macet," ujar AKP Rizky.
Baca juga: Jelang Nataru, 57 ribu kendaraan melintas di Jalur Puncak-Bogor
Baca juga: Arus lalu lintas di jalur Puncak berangsur normal setelah macet total
Baca juga: Kepadatan arus lalu lintas Puncak diperkirakan tertinggi hari Lebaran

 

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023