Timika (ANTARA) - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, mengatakan perwakilan daerahnya meraih juara dua pada penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Musabaqah Hadits (STQH) XXVII di Provinsi Jambi pada 2023.

Ketua LPTQ Kabupaten Mimika H. Dwi Cholifah melalui rilis kepada ANTARA di Timika, Kamis, mengatakan Syahrul Maulana Ismail meraih juara dua Hafizh terbaik mewakili Kabupaten Mimika.

"Ananda Syahrul Maulana Ismail meraih juara dua saat mengikuti cabang lomba golongan Hifzdhil Al-Qur'an dan Tilawah 1 Juz Putra pada STQH Nasional di Jambi," katanya.

Menurut dia, jenis lomba yang di ikuti Syahrul Maulana Ismail itu merupakan cabang hafalan Al-Qur'an yang dirangkai dengan membaca Al-Qur'an sekaligus tilawah.

Baca juga: Tutup STQH Nasional XXVII, Wamenag: STQH harus beri dampak sosial bagi masyarakat

Baca juga: Kepri targetkan lima besar pada STQH Nasional 2023 di Jambi


"Ini merupakan capaian yang membanggakan dan luar biasa karena untuk pertama kalinya Mimika meraih juara dua nasional," ujarnya.

Dia menjelaskan ini sebagai kado bagi Kabupaten Mimika guna menggelorakan semangat dalam mempersiapkan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) setanah Papua yang akan berlangsung pada 2024 mendatang.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mimika dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kementerian Agama Kabupaten Mimika, serta seluruh pengurus LPTQ atas dukungan moril dan materiil yang diberikan," katanya lagi.

Dia menambahkan Syahrul Maulana Ismail merupakan siswa kelas IX SMP Integral Hidayatullah Timika yang telah meraih prestasi di ajang STQ dan MTQ tingkat provinsi maupun nasional.

"Pada tahun lalu ananda pernah meraih juara harapan tiga di ajang MTQ nasional untuk cabang Hifzdhil Al-Qur'an dan tilawah 1 Juz Putra di Banjarmasin," ujarnya lagi.*

Baca juga: Pemprov Maluku kirim 40 hafidz Al Quran ikut STQH Nasional di Jambi

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023