Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembukaan kantor Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) di Jakarta pada Jumat.

“Keputusan FIFA untuk membangun kantor tetap Asia-hub di Jakarta membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi yg sangat besar untuk mengembangkan dan memajukan persepakbolaan Indonesia di tingkat global,” kata Presiden Jokowi.

Kepada Presiden FIFA Gianni Infantino, Jokowi menegaskan komitmen pemerintah Indonesia untuk mendukung dan memfasilitasi FIFA dalam meningkatkan integritas dan kualitas sepak bola Indonesia.

Jokowi pun menyatakan kesiapan Indonesia untuk bekerja sama dalam mengembangkan infrastruktur olahraga yang memadai, serta melatih, mendidik, dan mengembangkan bakat-bakat muda sepak bola Indonesia.

Pemerintah juga akan memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Indonesia dengan komunitas sepak bola dunia.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada FIFA atas kepercayaan, atas komitmen terhadap sepak bola Indonesia, atas dukungan yang begitu besar bagi dunia persepakbolaan Indonesia,” tutur Presiden Jokowi.

Dia berharap kehadiran FIFA di Jakarta bisa menjadi langkah awal untuk mencetak prestasi gemilang bagi persepakbolaan Indonesia, meningkatkan kualitas kompetisi di seluruh Indonesia, serta menginspirasi anak-anak muda untuk meraih impian, memperkuat sportivitas, dan menaklukkan dunia.

“Sekali lagi, terima kasih Presiden Gianni atas kontribusi Anda terhadap pengembangan persepakbolaan Indonesia. Dan terima kasih juga atas kepercayaan Anda terhadap Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17,” ujar Jokowi.

“Semoga ini bisa menjadi langkah awal untuk semakin banyak penyelenggaraan acara FIFA di Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Jokowi anugerahkan Bintang Jasa Pratama untuk Presiden FIFA
Baca juga: FIFA: Indonesia berpotensi jadi negara terkemuka untuk sepak bola
Baca juga: Presiden FIFA: Pusat latihan timnas Indonesia di IKN sangat penting


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023