Masyarakat yang ada di pelosok desa memiliki hak yang sama untuk memperoleh akses energi listrik.
Ambon (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tual melistriki enam desa di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Enam desa di Kabupaten Kepulauan Aru yang menjadi sasaran program Listrik Desa (Lissa) yakni Desa Lor-Lor, Koijabi, Benjuring, Kabalsiang, Kabufin, dan Marlasi, kata General Manager PLN UIW MMU Awat Tuhuloula, di Ambon, Jumat.

Program Listrik Desa merupakan wujud kehadiran negara untuk menghadirkan listrik di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) dan mewujudkan energi berkeadilan.

"Masyarakat yang ada di pelosok desa memiliki hak yang sama untuk memperoleh akses energi listrik. Melalui program Lissa, komitmen negara hadir bagi masyarakat terkait pemenuhan kebutuhan itu perlu kita galakkan," katanya lagi.
​​​​​​
Awat berharap, dengan hadirnya listrik di beberapa desa ini turut mendorong peningkatan perekonomian di daerah tersebut.

Selain untuk kebutuhan rumah tangga, listrik juga disebutnya dapat membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka, baik di sektor perikanan maupun perkebunan.

Manager UP3 Tual Martinus Irianto Pasensi mengatakan, pihaknya terus melakukan pembangunan jaringan listrik menuju "Aru Terang".

Masuknya aliran listrik yang baru diresmikan tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat enam desa di Kabupaten Kepulauan Aru.

"Pola hidup masyarakat secara serta merta akan berubah sejalan dengan pemakaian listrik yang merupakan kebutuhan utama masyarakat saat ini," ujar Martinus.

Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga mengapresiasi kerja keras PLN dalam memerdekakan wilayahnya melalui program Lissa.

"Kerinduan masyarakat Aru Utara menikmati listrik akhirnya terjawab dengan telah diresmikan listrik di Desa Marlasi oleh PLN, karena itu patut kita bersyukur," katanya pula.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk mendukung PLN agar pelayanan listrik di Desa ini berjalan dengan lancar, serta manfaatkan tenaga listrik yang ada untuk meningkatkan perekonomian rakyat.

Anggota DPR RI Dapil Maluku Mercy Barends berjanji terus berupaya mewujudkan Aru terang benderang.

Listrik memegang peranan vital bagi kehidupan manusia, tidak ada kegiatan produktif yang tidak mengandalkan listrik.
Baca juga: PT PLN-Pemprov Maluku konvoi kendaraan listrik ramah lingkungan
Baca juga: PLN UIW MMU listriki 490 desa di Maluku Malut

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023