Setiap tanggal 10 November kita memperingati Hari Pahlawan, sudah seharusnya kita semua dalam hal ini ASN dapat mewarisi semangat perjuangan dari para pahlawan yang telah gugur mempertahankan keutuhan bangsa dan negara
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat berkinerja dengan baik sebagai wujud terima kasih pada perjuangan pahlawan.

"Setiap tanggal 10 November kita memperingati Hari Pahlawan, sudah seharusnya kita semua dalam hal ini ASN dapat mewarisi semangat perjuangan dari para pahlawan yang telah gugur mempertahankan keutuhan bangsa dan negara," kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Ia meminta ASN sebagai pelayan masyarakat dapat mewarisi perjuangan para pahlawan. Perjuangannya dapat ditunjukkan dengan memberikan pelayanan berdampak dan dirasakan oleh masyarakat.

Menurutnya, semangat perjuangan pahlawan dalam meraih kemerdekaan Indonesia adalah sikap yang harus bisa diteladani oleh ASN sebagai abdi negara. Semangat juang sebagai ASN dapat ditunjukkan dengan menjaga integritas, berkinerja tinggi, dan menghilangkan ego sektoral.

"ASN yang berintegritas juga bentuk penghargaan pada pahlawan yang sudah berjuang dengan ikhlas," ujarnya.

Baca juga: Mensos ingatkan kebodohan jadi ancaman penjajahan masa depan

Baca juga: Konjen: Darah kepahlawanan Indonesia menyebar ke Cape Town sejak lama


Anas berharap para abdi negara di seluruh Indonesia betul-betul bisa meneladani segala perjuangan yang dilakukan pahlawan.

Oleh karena itu, peringatan Hari Pahlawan adalah momen yang tepat untuk introspeksi diri dan merenungkan beragam nilai yang diwarisi oleh para pejuang bangsa untuk ditiru. Sebagai ASN, sikap pahlawan yang harus dicontoh adalah keikhlasan dalam merebut dan menjaga kedaulatan negara.

ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa harus mampu menjadi panutan mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan. Bersama-sama memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merupakan amanat pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan 2023 mengangkat tema "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

Tema ini diusung agar para generasi sekarang dapat memaknai semangat para pahlawan dalam konteks hari ini dan masa depan.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 dilakukan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo. Usai pelaksanaan upacara, Presiden Joko Widodo, para pejabat negara serta perwira tinggi TNI/Polri melakukan ziarah dan tabur bunga ke makam sejumlah pahlawan dan tokoh yang ada di TMP Kalibata.

Hadir pada upacara tersebut para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Perwira Tinggi TNI dan Polri, serta segenap pejabat terkait dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023