Amman, Yordania (ANTARA) - Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Volker Turk pada Jumat menyatakan Israel harus segera mengambil langkah melindungi warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki karena mereka menjadi sasaran kekerasan sejak perang Israel-Hamas meletus bulan lalu.

Turk mengungkapkan paling sedikit 176 warga Palestina, termasuk 43 anak-anak dan satu wanita, tewas dalam insiden yang melibatkan pasukan keamanan Israel sejak awal Oktober. Paling sedikit delapan warga Palestina dibunuh para pemukim Israel.

Sebelum perang Gaza antara Israel dan Hamas pada 7 Oktober, tahun ini adalah tahun paling mematikan bagi warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki Israel di mana mereka kehilangan sekitar 200 nyawa.

"Saya mendesak pihak berwenang Israel segera mengambil tindakan, mengambil langkah-langkah guna menjamin perlindungan warga Palestina di Tepi Barat, yang setiap hari menjadi sasaran kekerasan, perlakuan buruk, penangkapan, penggusuran, intimidasi dan pelecehan dari pasukan dan pemukim Israel," kata Turk kepada wartawan di ibu kota Yordania, Amman.

Kekerasan yang memburuk di Tepi Barat telah memicu kekhawatiran bahwa wilayah Palestina yang satu ini bisa menjadi front ketiga dalam perang yang lebih luas, selain perbatasan Israel-Lebanon selatan di mana bentrok dengan pasukan Hizbullah juga terjadi.

"Adalah tugas Israel memastikan semua insiden kekerasan diselidiki dengan cepat dan efektif, dan bahwa para korban mendapatkan solusi yang efektif,” kata Turk.

"Terus meluasnya impunitas untuk pelanggaran semacam ini sudah keterlaluan, membahayakan, dan jelas-jelas pelanggaran terhadap kewajiban Israel kepada hukum hak asasi manusia internasional."

Israel sudah berikrar menghancurkan Hamas dan menyatakan tengah melancarkan operasi kontra-terorisme terhadap Hamas dan faksi-faksi bersenjata Palestina lainnya di Tepi Barat.

Dalam 18 bulan terakhir, pasukan Israel telah membunuh ratusan warga Palestina dan menangkap ribuan orang di seluruh Tepi Barat. Pada periode yang sama, puluhan warga Israel tewas akibat serangan yang dilakukan warga Palestina.

Sumber: Reuters
Baca juga: Amnesty International serukan Israel hentikan tindakan tidak manusiawi
Baca juga: Israel bunuh empat pejuang Palestina di Tepi Barat
Baca juga: Butuh Rp18 triliun untuk penuhi kebutuhan warga Gaza dan Tepi Barat

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023