Jakarta (ANTARA) - Proses penguatan kapabilitas Satuan Pengawas Internal (SPI) di UIN Mataram oleh Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) telah mencapai tahap evaluasi setelah melalui serangkaian pendampingan dalam menuju Good University Governance.

"Kami memberikan apresiasi kepada rekan-rekan SPI UIN Mataram atas komitmen dan semangatnya untuk berkontribusi dalam meningkatkan tata kelola di UIN Mataram," kata Auditor Ahli Madya dan Pengendali Teknis, Itjen Kemenag RI Melia Fauziah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Melia juga menegaskan bahwa penguatan kapabilitas SPI akan terus berlanjut hingga tahapan penjaminan mutu kapabilitas SPI.

"Tahapan penguatan SPI akan berlanjut hingga mencakup penjaminan mutu kapabilitas SPI. Saat ini, kita telah melakukan pendampingan yang berfokus pada tiga area penguatan SPI, yaitu kelembagaan, sumber daya manusia (SDM), dan kualitas pengawasan," ujarnya.

Baca juga: UIN Mataram kukuhkan tiga guru besar

Baca juga: Rektor UIN Mataram: Usulan BPIH 2023 logis dan realistis


Rektor UIN Mataram, Prof Dr TGH Masnun mengucapkan terima kasih atas catatan-catatan yang diberikan selama pendampingan penguatan kapabilitas SPI, yang dianggap sangat bermanfaat dalam perbaikan tata kelola di UIN Mataram.

"Kami berterima kasih karena catatan ini telah membantu perbaikan tata kelola di UIN Mataram dalam upaya mewujudkan Good University Governance dan menjadikan Perguruan Tinggi modern," ucap Prof Masnun.

Dia juga menyadari bahwa mewujudkan cita-cita tersebut membutuhkan banyak tahapan dan menghadapi berbagai tantangan. Namun, ia menegaskan komitmen UIN Mataram dalam mewujudkan Good University Governance.

"Lebih baik kita menyalakan lilin daripada mengutuk kegelapan. Komitmen kami adalah mencari solusi untuk setiap permasalahan yang muncul," tutur Prof Masnun.*

Baca juga: Pusdek UIN Mataram menyarankan proporsional terbuka dipertahankan

Baca juga: NTB siap sukseskan AICIS 2022

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023