Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di media sosial TikTok menampilkan video bakal calon presiden Prabowo Subianto yang sedang berpidato mengenakan bahasa Arab.

Dalam video tersebut, terlihat Prabowo mengenakan kemeja putih, berdiri didepan mic dan meja yang disertai logo Kementerian Pertahanan. Video tersebut telah ditayangkan lebih dari 700ribu penayangan.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“yang ini contoh #prabowosubianto”

Namun, benarkah video Prabowo pidato menggunakan bahasa Arab tersebut?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Prabowo berpidato menggunakan bahasa Arab. Faktanya, video tersebut merupakan hasil suntingan menggunakan AI. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut merupakan hasil suntingan kecerdasan buatan atau AI. Video aslinya serupa dengan unggahan YouTube Warta Kota Production yang berjudul “Arahan Prabowo ke Pimpinan TNI Soal Pengaruh Geopolitik Global” pada Kamis (2/11).

Dalam pidato tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan perkembangan geopolitik dan geostrategis dunia yang cepat, berpengaruh pada banyak negara dunia, termasuk Indonesia. Untuk itu, ia memandang perlu menyampaikan situasi tersebut kepada seribu unsur pimpinan TNI dari tiga matra, yakni TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Selain itu, Prabowo juga menyinggung perang yang terjadi di Gaza, Palestina. Menurutnya, situasi tersebut akan berpengaruh pada Indonesia, terlebih jika melihat kesamaan latar belakang agama masyarakat RI dan warga Gaza.

Klaim: Video Prabowo pidato menggunakan bahasa Arab

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Mahfud MD mengaku dibayar Prabowo Rp800 miliar untuk jadi Cawapresnya

Cek fakta: Disinformasi! Prabowo ditangkap KPK pada akhir Oktober 2023

Baca juga: Prabowo resmikan Ruang Makan Husein Taruna Akmil Magelang

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023