Kami survei jalur dalam rangka menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024
Garut, Jawa Barat (ANTARA) - Sejumlah personel kepolisian mengecek kesiapan jalur utama menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan pada momentum hari besar itu.

"Kami survei jalur dalam rangka menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Sabtu.

Ia menuturkan jajarannya sudah mengecek sejumlah jalan utama, termasuk yang menjadi jalur alternatif di Kabupaten Garut untuk persiapan menjelang pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Hasil pengecekan di lapangan, kata dia, kondisi jalan cukup bagus, hanya ada satu jalan yang masih dalam perbaikan yakni Jalan KH Anwar Musaddad yang menghubungkan jalan utama Bandung-Garut dengan jalan menuju Banyuresmi.

"Insyaallah jalan sudah bagus, tinggal nunggu penyelesaian Jalan KH Anwar Musaddad," kata Aang.

Baca juga: Polisi selidiki penyebab kebakaran hutan di Gunung Papandayan Garut

Baca juga: Polres Garut periksa tiga penjual makanan terkait kasus keracunan


Ia menyampaikan jalan di Garut saat ini memiliki banyak jalur alternatif yang kondisinya bagus dan layak dilalui kendaraan bermotor dengan aman dan nyaman.

Menurut dia, jalur alternatif yang dibangun pemerintah daerah di antaranya Jalan Kadungora-Leuwigoong, kemudian Jalan Leles-Tutugan yang akan membantu untuk mengurai kepadatan arus kendaraan.

"Alternatif sangat membantu arus mudik dan balik," katanya.

Aang menyampaikan sebelumnya dari jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar juga sudah melakukan pengecekan kesiapan jalan menjelang pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya Tahun 2023 atau pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Pengecekan jalan di wilayah Garut itu, dipimpin langsung Kepala Bagian Ops Bin Ditlantas Polda Jabar Kompol Gandi Jukardi bersama jajarannya, Jumat (10/11) yang bertujuan mengidentifikasi potensi kerawanan macet maupun kecelakaan di Garut.

Baca juga: Polisi sebut empat pemburu tewas di hutan Garut akibat tertimpa pohon

Baca juga: Polisi sebut kebakaran hutan Gunung Guntur karena ulah kelompok remaja

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023