Kami meyakini potensi yang dimiliki generasi muda Indonesia untuk menyelamatkan bumi ini dari berbagai ancaman krisis di masa depan
Sentani (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong generasi muda Indonesia, khususnya di Papua, untuk ramah terhadap lingkungan dalam kegiatan Perkemahan Bakti Satuan Karya (Saka) Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) regional Papua.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) KLHK Bambang Hendroyono dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Minggu, mengatakan peserta Pertikawan tahun ini ditanamkan jiwa ramah lingkungan dalam komunikasi masyarakat.

“KLHK berkomitmen mendorong para pemimpin hijau di Indonesia yaitu pemimpin berwawasan lingkungan bersemangat, proaktif, penuh inisiatif, dan kreatif, terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta,” katanya.

Menurut Bambang, KLHK telah menyiapkan arah kebijakan dalam rangka penyiapan pemimpin hijau, antara lain melalui peta jalan, pengembangan kompetensi atau SDM, serta penyelenggaraan serangkaian pendidikan dan pelatihan bagi generasi muda, termasuk melalui gerakan pramuka.

Baca juga: KLHK minta anggota Pramuka jadi pionir kelestarian lingkungan hutan

“Hasil kebijakan, pengembangan kepemimpinan hijau di tingkat atas dapat dilihat dari banyaknya partisipasi pemerintah daerah dan  masyarakat dalam berbagai program ramah lingkungan,” ujarnya.

Dia menjelaskan program ramah lingkungan antara lain Adiwiyata, Kalpataru, Adipura, Nirwasita Tantra, Nawalestari, Proper, dan lain-lain, telah diselenggarakan oleh KLHK.

“Kami meyakini potensi yang dimiliki generasi muda Indonesia untuk menyelamatkan bumi ini dari berbagai ancaman krisis di masa depan,” katanya.

Dia menambahkan Indonesia sebagai negara kepulauan sudah seharusnya menjadi model kuat bangsa ini menuju negara maju dengan mengedepankan nilai-nilai ekologis dalam kehidupan.

“Sebagaimana kita ketahui bersama Saka Kalpataru dan Wanabakti memiliki krida-krida yang berkaitan dengan alam,” katanya.

Sebanyak 296 peserta dari Papua dan Papua Barat, termasuk Saka dari Daerah Otonomi Baru (DOB), mengikuti Perkemahan Bakti Satuan Karya (Saka) Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) regional Papua di Sentani, Kabupaten Jayapura, pada 11-16 November 2023.

Baca juga: Kalsel siap gelar perkemahan bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti


 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023