Surabaya (ANTARA) — Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2023, Kementerian Kelautan melaksanakan puncak acara Bulan Cinta Laut (BCL) di Pantai Kenjeran Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa ini merupakan tahun kedua pelaksanaan Gerakan BCL menjadi salah satu wujud komitmen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam penanganan sampah plastik di laut dengan target pengurangan sampah plastik sebesar 70% hingga tahun 2025.

“Gerakan ini dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan secara masif di seluruh Indonesia sebagai katalis dalam mengedukasi dan meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan pantai, pesisir, dan laut,” ujar Sakti.

Gerakan BCL 2023 diselenggarakan secara serentak di 18 lokasi yaitu Mataram, Padang, Makassar, Balikpapan, Palu, Kubu Raya, Ternate, Serang, Bitung, Ambon, Banda Aceh, Dumai, Banyuwangi, Tanjung Pinang, Cirebon, Denpasar dan Bengkulu, jauh lebih banyak dibanding tahun 2022 yang hanya melibatkan 14 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Melalui gerakan nasional tahun 2023 ini telah terkumpul sampah laut dari seluruh lokasi sebanyak 820 ton dengan melibatkan 1.350 orang nelayan melakukan aksi melaut sambil mengambil sampah. 

Selain aksi partisipatif nelayan terhadap sampah laut gerakan nasional ini juga memberikan economic circular effect terhadap nelayan, di mana dari sampah yang dikumpulkan kemudian diolah menjadi sampah ekonomis dan kemudian menjadi pendapatan sampingan rumah tangga nelayan. Nilai ekonomi yang tercatat sedikitnya mencapai Rp 60 juta yang diperoleh nelayan dari sampah yang mereka kumpulkan.

“KKP berupaya untuk terus melaksanakan BCL di tahun yang akan datang untuk menjaga kelestarian ekonomi laut terutama dari sampah plastik,” tambah Sakti.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023