Cianjur (ANTARA) - Satlantas Polres Cianjur, Jawa Barat(Jabar), memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor dari Puncak Pass Cianjur, sebagai upaya antisipasi macet total di sepanjang jalur tersebut, Minggu (12/11) karena antrean kendaraan sempat terlihat hingga petang.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Adhi Prasidya di Cianjur Minggu, mengatakan saat akhir pekan, volume kendaraan yang melintas mengalami peningkatan menuju sejumlah objek wisata andalan di Cianjur.

"Kami sudah siagakan puluhan petugas di sepanjang titik rawan macet guna mengatur arus lalu lintas tetap lancar. Hanya di beberapa titik laju kendaraan tersendat seperti pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas dan Pasar Cipanas," katanya.

Minggu petang, tutur dia, volume kendaraan bertambah seiring tutupnya objek wisata, sehingga pihaknya berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor yang sifatnya situasional agar tidak terjadi macet total.

"Minggu petang kami berlakukan sistem satu arah dari Puncak Pass sampai dengan pintu Tol Ciawi di wilayah hukum Polres Bogor, karena antrean dengan laju tersendat mulai terlihat di sepanjang jalur tersebut, sifatnya situasional ketika mencair jalur akan dibuka normal," katanya.

Pantauan Antara, volume kendaraan terlihat meningkat keluar dari sejumlah objek wisata andalan di sepanjang Jalur Puncak hingga Cipanas tepatnya di pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas dan sepanjang Jalan Raya Cipanas dengan laju kendaraan tersendat.

Puluhan petugas Satlantas Polres Cianjur, disiagakan untuk mengatur kelancaran arus lalu lintas dengan melakukan rekayasa arus termasuk mengarahkan pengendara ke jalur alternatif guna mencairkan antrean di jalur utama Puncak.

Menjelang petang, sistem buka tutup satu arah sampat dilakukan karena antrean kendaraan menuju Bogor dari arah Puncak Pass meningkat, namun antrean kembali terlihat dengan laju tersendat membuat Polres Cianjur berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk melakukan sistem satu arah.

Sementara wisatawan asal Jakarta yang usai menghabiskan libur akhir pekan di kawasan Puncak Cianjur, memilih menunggu dibukanya sistem satu arah menuju Bogor karena malas terjebak antrean di kawasan Puncak Bogor.

"Kalau berangkat sedikit lancar terutama setelah masuk kawasan Puncak Cianjur, tapai kalau pulang biasanya padat di kawasan Bogor, sehingga kami menunggu dibuka sistem satu arah karena dapat cepat sampai ke pintu tol Ciawi," kata wisatawan asal Jakarta Selatan, Iim Ibrahim.
Baca juga: Jalur Tugu Lampu Gentur-By Pass Cianjur menuju Puncak Bogor ditutup
Baca juga: Jalur Puncak bisa dilalui secara bergantian
Baca juga: BPBD imbau pengguna jalan waspadai melintas Puncak-Cipanas

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023