Kalau ada keramaian pasti UMKM omsetnya naik
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi Festival Ternak Domba Kambing dan Seni Ketangkasan Domba Garut 2023 yang berlangsung di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Teten mengaku terkesan saat hadir dalam kegiatan tersebut dan menganggap acara yang diinisiasi oleh Pemerintah Kabupaten Bogor itu dapat menghidupkan pariwisata serta memberikan dampak positif kepada para pelaku UMKM.

Ia berharap, Festival Ternak Domba dan Kambing dilakukan secara rutin, bahkan jika memungkinkan menjadi kegiatan bulanan. Karena dapat menggairahkan para peternak domba dan kambing.

“Kalau pariwisatanya jalan, wisatawan banyak yang berdatangan ke Kabupaten Bogor di akhir pekan ini, maka UMKM yang ada di sini pasti lumayan omsetnya. Wisatawan yang datang pasti beli kulinernya, oleh-olehnya, dan lain sebagainya,” kata Teten.

Menurut dia festival tersebut menjadi pertunjukan atraksi domba yang bisa mendatangkan keramaian yang berdampak pada perekonomian.

"Kalau ada keramaian pasti UMKM omsetnya naik. Karena kita sudah lihat di berbagai tempat, kalau ada event atraksi domba ini sudah pasti pengunjungnya membludak," tuturnya.

Sementara, Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Bogor Suryanto mengatakan, festival ini selain bentuk penghargaan bagi peternak, juga upaya untuk mengintegrasikan peternakan dengan budaya dan pariwisata.

"Dengan adanya festival ini kita melestarikan budaya dan tradisi lokal Sunda sekaligus sosialisasi informasi yang menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk beternak domba dan kambing," ungkap Suryanto.

Menurut dia, hewan ternak seperti domba garut dan kambing perah, merupakan sumber daya genetik asli Jawa Barat yang perlu dilestarikan dan dikembangkan sebagai aset daerah yang membanggakan.

Ia menjelaskan, Pemkab Bogor melalui Dinas Peternakan dan Perikanan bercita-cita untuk menjadi yang terdepan dalam mengembangkan ternak dan domba.
Festival Ternak Domba Kambing dan Seni Ketangkasan Domba Garut 2023 di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Bogor)

Karena, kata dia, seiring bertambahnya jumlah penduduk kebutuhan protein hewani masyarakat juga terus meningkat. Kabupaten Bogor berpotensi besar untuk mengembangkan komunitas peternakan atau pertanian ditunjang kondisi alam, sumber daya alam, letak geografis yang strategis.

“Dengan pangsa pasar atau konsumen yang besar menjadi peluang dan menambah daya saing Kabupaten Bogor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hewan ternak, produksi daging, telur dan susu untuk wilayah Jabodetabek, nasional bahkan internasional,” jelasnya.

Festival Ternak Domba dan Kambing, serta seni ketangkasan Domba Garut diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) dan pemangku kepentingan terkait.

Terdapat kontes ternak Domba Garut, kontes ternak Kambing PE, dan kelas bebas ekstrim. Seni ketangkasan Domba Garut diikuti 150 pasang atau 300 domba. Pesta Patok Kambing diikuti 41 ekor, dan Pesta Patok Domba diikuti 75 ekor.

Baca juga: RPH Bogor: Tak ada penurunan signifikan jumlah pemotongan hewan kurban
Baca juga: Ada kontes domba digelar di Bogor

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023