Hari ini, sudah tiba 11 unit kendaraan listrik dan siap dioperasikan di Pulau Penyengat sebagai alat transportasi guna menggantikan becak motor
Tanjungpinang, Kepri (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menghadirkan 11 unit kendaraan listrik di Pulau Penyengat Kota Tanjungpinang yang merupakan kawasan wisata budaya dan sejarah di daerah tersebut.

"Hari ini, sudah tiba 11 unit kendaraan listrik dan siap dioperasikan di Pulau Penyengat sebagai alat transportasi guna menggantikan becak motor (bentor) yang ada saat ini," kata Gubernur Kepri, Ansar Ahmad di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang, Kepri, Senin.

Menurut Ansar, transportasi listrik ini sengaja dipilih karena lebih ramah lingkungan dan nyaman bagi wisatawan yang menggunakan jasanya.

Selain itu, katanya, secara bentuk juga lebih eksotis dan menambah daya tarik serta keunikan Pulau Penyengat.

Ansar berharap Pulau Penyengat menjadi mesin penggerak ekonomi di Tanjungpinang dari sisi wisata.

“Kami percantik terus pulau ini agar memiliki magnet atau daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tahun depan juga kami lanjutkan lagi kerja sama dengan berbagai pihak,” kata Ansar.

Baca juga: Pulau Penyengat juara satu ADWI 2023 kategori desa wisata rintisan

Baca juga: Pemprov Kepri usul anggaran Rp93 miliar ke pusat guna menata Penyengat


Ia mengimbau para sopir bentor yang saat ini beroperasi di Penyengat dengan jumlah 27 orang untuk bersabar terlebih dahulu. Mengingat di tahun 2023, Pemprov Kepri baru bisa menyediakan 11 unit kendaraan listrik.

“Makanya, saya harap bapak-bapak yang belum dapat tahun ini untuk bersabar. Tahun depan, InsyaAllah kita tambah lagi sehingga semuanya bisa mendapatkan kendaraan listrik,” ujar Ansar.

Dengan beroperasinya kendaraan listrik ini, lanjut Ansar, maka ke depannya bentor tidak lagi beroperasi di Pulau Penyengat.

Kendaraan listrik itu menjadi sarana penyedia jasa angkutan wisatawan berkeliling menikmati objek wisata budaya dan sejarah di pulau tersebut.

Baca juga: BPPW: 431 rumah warga Pulau Penyengat Kepri nikmati sambungan SWRO

Baca juga: Gubernur Kepri promosikan Pulau Penyengat kepada Duta Besar UEA

Pewarta: Ogen
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023