pelemahan terbatas karena investor masih mencerna implikasi 'downgrade' Moody’s pada 'credit rating' AS
Jakarta (ANTARA) - Analis pasar mata uang Lukman Leong mengatakan rupiah melemah terbatas karena investor masih mencerna implikasi downgrade utang (credit rating) Amerika Serikat (AS) oleh Moody’s dari stabil menjadi negatif.

“Rupiah dan mata uang regional umumnya melemah terhadap dolar AS hari ini tertekan oleh pernyataan hawkish The Fed (Federal Reserve) minggu lalu. Namun, pelemahan terbatas karena investor masih mencerna implikasi downgrade Moody’s pada credit rating AS,” ujar Lukman Leong ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Pada umumnya, implikasi downgrade utang AS oleh Moody’s cenderung negatif. Kendati demikian, apabila terjadi risk-off di mana aset berisiko mengalami penurunan, dolar AS dapat berbalik menjadi aset safe-haven.

Terkait pernyataan hawkish, Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell sempat membuka peluang kenaikan suku bunga acuan AS lagi untuk menurunkan tingkat inflasi AS yang sampai saat ini masih belum turun ke level target 2 persen.

“Investor juga cenderung wait and see menantikan data inflasi AS minggu ini yang diperkirakan akan naik 0,1 persen month to month (MoM) dan 3,3 persen year on year (YoY),” kata Lukman.

Baca juga: Rupiah berpotensi melemah, pelaku pasar antisipasi pernyataan The Fed

Baca juga: Rupiah Senin pagi melemah jadi Rp15.705 per dolar AS


Meninjau sentimen domestik, investor disebut menantikan data perdagangan Indonesia pada Rabu (15/11) yang di mana ekspor-impor diperkirakan mengalami penurunan walaupun neraca perdagangan diprediksi kembali surplus sekitar 3 miliar dolar AS.

“Ekspor diperkirakan turun 15,6 persen, impor turun 8,7 persen,” ucapnya.

Pada penutupan perdagangan hari ini, mata uang rupiah melemah sebesar 6 poin atau 0,04 persen menjadi Rp15.701 per dolar AS dari penutupan sebelumnya sebesar Rp15.695 per dolar AS.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Senin turut melemah ke posisi Rp15.713 dari sebelumnya Rp15.693 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah melemah seiring potensi kenaikan suku bunga acuan AS

Baca juga: Analis: Proyeksi ekonomi Indonesia yang membaik tahan pelemahan rupiah


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023