Milan (ANTARA) - Film produksi China bertema olahraga yang berjudul Beijing 2022 dan Me and My Winter Games meraih penghargaan utama Guirlande d'Honneur pada Sabtu (11/11) di Milan dalam Festival Film dan Televisi Olahraga Internasional Milano (Milano International Sport Movies & TV Festival) 2023.

Sebanyak 17 film dan video dari China lolos seleksi untuk edisi 2023 dari festival yang diselenggarakan oleh Federasi Film dan Televisi Olahraga Internasional (FICTS) itu, dengan dua di antaranya meraih penghargaan Guirlande d'Honneur, sementara lima lainnya dinominasikan dalam sejumlah kategori lainnya.

Beijing 2022, film resmi Olimpiade Musim Dingin Beijing, menerima penghargaan Guirlande d'Honneur dalam kategori Olympic and Paralympic Spirit-Olympic Storytellers.

Film tersebut menggambarkan dengan detail bagaimana para pemangku kepentingan berpartisipasi, melayani, dan mengabdikan diri untuk Olimpiade, menampilkan upaya luar biasa, dedikasi, dan ketekunan keluarga dan para atlet Olimpiade, serta menceritakan kisah-kisah tentang bagaimana orang-orang mengatasi kesulitan untuk menggelar acara tersebut di tengah pandemi COVID-19.

"Me and My Winter Games", satu-satunya film animasi resmi untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing, meraih penghargaan tertinggi dalam kategori Movies.
 
Wang Zheng (tengah), sutradara "Me and My Winter Games", menerima hadiah Guirlande d'Honneur. (Xinhua/Ren Pengfei) 

 Film tersebut mempertemukan banyak karakter kartun China dan maskot Olimpiade dan Paralimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Bing Dwen Dwen dan Shuey Rhon Rhon.

Lebih dari 30 karakter kartun terkenal dari berbagai generasi berkumpul untuk menyuguhkan kisah tentang persatuan, mimpi, dan keberanian.

"Saya sangat gembira film kami memenangkan penghargaan. Ini adalah sebuah kehormatan besar dan penyemangat bagi 1.300 kartunis yang berpartisipasi dalam produksi film ini. Kami sangat bangga bahwa tokoh-tokoh kartun China dapat bertemu dengan para penggemar mereka di luar negeri. Hal ini membuktikan bahwa para pembuat film kartun China sangat luar biasa," ujar Wang Zheng, sutradara Me and My Winter Games.

Sementara itu, film Beneath the Surface (of Ice), Crazy Chinese Country Football, Ping Pong: The Triumph, One Fan Wants to See Himself Running, dan Twinkling Eyes on the Ice" menjadi nominasi dalam kategori yang berbeda di festival tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023