Zaman sudah modern, tidak ada lagi tutup-tutup program kerja yang dilakukan pemerintah, semua perlu tahu dan keterbukaan informasi sangat diperlukan sehingga masyarakat dapat menjadi fungsi kontrol terhadap apa yang telah kita lakukan
Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo menyatakan pimpinan OPD harus transparan menyampaikan capaian realisasi anggaran hingga Oktober 2023.

“Jangan takut menyampaikan capaian anggaran ke publik, supaya masyarakat juga tahu sejauh mana kinerja dari pemerintah daerah,” kata Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Senin.

Menurut dia, pimpinan OPD juga jangan ‘alergi’ kepada wartawan yang ingin mengetahui sejauh mana capaian realisasi program dan anggaran yang telah dikerjakan pemerintah.

“Zaman sudah modern, tidak ada lagi tutup-tutup program kerja yang dilakukan pemerintah, semua perlu tahu dan keterbukaan informasi sangat diperlukan sehingga masyarakat dapat menjadi fungsi kontrol terhadap apa yang telah kita lakukan,” ujarnya.

Dia menjelaskan realisasi anggaran itu bagian pelayanan pemerintah kepada masyarakat sehingga tidak boleh ditutup-tutupi.

“Kalau kerja jujur maka tidak perlu kita takuti, tetapi sebaliknya kalau takut penyampaian segala sesuatu ke media atau dipublish (terbitkan) pasti ada sesuatu yang tidak beres, perlu kita duga,” katanya.

Dia menambahkan pimpinan OPD harus dapat bertanggung jawab mengenai setiap program karena itu merupakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada masyarakat.

“Jangan malu kalau penyerapan anggaran kita rendah dan program tidak maksimal, karena bisa diperbaiki pada tahun selanjutnya,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura memiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sektor sebanyak 35 dan 19 distrik sehingga berjumlah 54.

Baca juga: DPMPTSP Jayapura: Izin investasi bisa selesai dalam lima menit

Baca juga: Pemkab Jayapura: 16 OAP ikut pelatihan mebel dorong UMKM mandiri

Baca juga: Menteri ATR/BPN serahkan sertifikat HPL masyarakat adat Sawoi Hnya

 

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023